JA.com, Tanah Datar (Sumatra Barat)--Berkah di bulan suci Ramadhan buat Kelompok Wanita Tani (KWT) Tomat Mawaddah kecamatan Salimpaung kabupaten Tanah Datar, pasalnya KWT ini mendapatkan kucuran dana dari Bank BRI berupa kredit usaha rakyat dan juga bantuan berupa mesin produksi saos tomat.

“Berkah yang luar biasa buat kita, pasalnya di bulan yang penuh rahmat ini petani tomat kita yang tergabung dalam KWT Mawaddah kecamatan Salimpaung menerima kredit usaha rakyat dan bantuan alat produksi saos tomat dari Bank BRI dan diserahkan bertepatan dengan grand opening Gerakan Nasional (Gernas) Bangga Buatan Indonesia (BBI) yang di buka resmi Wakil Presiden RI Ma’aruf Amin,” kata Wakil Bupati Richi Aprian, SH, MH. kemarin di Batusangkar.

Dikatakan Wabup ketika itu, KWT Mawaddah menerima kucuran dana dalam bentuk kredit usaha rakyat sebesar Rp225 juta dan satu unit mesin produksi saos tomat. Dan ini sangat baik sekali mengingat produksi tomat di Kecamatan Salimpaung cukup tinggi, jadi tomat tidak hanya dipasarkan dalam bentuk buah yang sudah matang namun juga dalam bentuk olahan seperti saos tomat.

“Mudah-mudahan ini juga bisa membuka peluang pasar bagi petani dan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Tanah Datar dan apalagi jika produksi tomat tinggi, harga rendah maka dapat diolah menjadi saos tomat sehingga bisa dipasarkan dengan harga yang lebih baik dan Gernas BBI ini juga sebagai peluang bagi kita sehingga UMKM tumbuh ekonomi masyarakat bangkit,” harapnya.

Wabup Richi juga menyebut jika Wali Kota Payakumbuh Riza Falepi sangat tertarik dengan usaha saos tomat ini dan akan berkunjung ke Salimpaung dan juga akan berupaya membantu pemasaran saos tomat ini nantinya. Sehingga produk lokal akan berjaya di negeri sendiri. (MG)
 
Top