JA.com, Tanah Datar (Sumatra Barat)--Tim Safari Ramadhan I pemkab Tanah Datar dibawah pimpinan Bupati Eka Putra kunjungi mesjid Raya Tanjung, kecamatan Sungayang Kamis (7/4-2022) kemarin malam. Keadatangan TSR I ini disambut wali nagari Tanjung Paze Andrif beserta jemaah mesjid Raya Tanjung.

Wali Nagari Tanjung kecamatan Sungayang Paze Andrif menyampaikan, saat ini sudah ada 36 rumah warga yang dipasangi stiker melalui program satu rumah satu hafizh. Dalam waktu dekat, akan segera meresmikan satu lagi rumah tahfizh di nagari Tanjung.

Bupati Eka Putra dikesempatan itu mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk selalu mengucap syukur atas segala nikmat yang diturunkan Allah SWT.

"Saya bangga melihat masjid ini selalu ramai dikunjungi jamaah untuk melaksanakan ibadah dibulan puasa, semoga ini berlanjut dimasa datang," kata Bupati Eka.

Dikatakan, dirinya sebagai bupati bersama wabup Richi Aprian akan selalu bahu membahu dalam melaksanakan program pembangunan daerah.

Lebih lanjut, bupati memuji keberhasilan pemerintah nagari Tanjung yang dinilai sukses dalam mendukung program unggulan pemerintah kabupaten Tanah satu rumah satu hafizh, yang dibuktikan dengan pemasangan 36 stiker dirumah-rumah warganya.

"Program hafizh itu sangat baik bagi generasi kita dalam menyongsong Indonesia Emas tahun 2045 nanti, Al Quran saja bisa dihafal apalagi pelajaran disekolah mereka. Ini mimpi besar Saya, untuk menjadikan Tanah Datar sebagai Kabupaten Tahfizh dan sebagian besar masyarakatnya adalah penghafal al quran," kata Eka Putra.

Kemudian, ia menyampaikan informasi terkait dengan program unggulan pemerintah daerah. Diantaranya ada program bajak gratis yang diperuntukkan terutama bagi petani miskin dan juga petani penggarap. Selain itu, juga disampaikan informasi tentang program satu nagari satu event, dan program makan rendang.

"Program makan rendang ini berawal dari banyaknya masyarakat yang terlibat utang dengan rentenir, dan pinjaman ini bunganya disubsidi oleh pemerintah. Untuk itu, Pemda sudah menyiapkan anggaran 17 milyar untuk program ini," terang Bupati.

Dikesempatan itu Bupati Eka Putra juga menyerahkan bantuan uang tunai kepada pengurus masjid Raya Tanjung senilai 10 juta rupiah ditambah dengan buku fiqih sunnah. Selain itu pihak Bank Nagari Batusangkar juga memberikan bantuan sebesar 2.5 juta rupiah yang diserahkan langsung oleh kepala Cabang Bank Nagari Batusangkar Fauzan. (MG)
 
Top