JA.com, Tanah Datar (Sumatra Barat)--Sedikitnya 22 orang pejabat Pimpinan Tinggi Pratama dan Administrasi di lingkungan Pemerintah kabupaten Tanah Datar dilantik Bupati Eka Putra, Senin (18/4/2022) di aula kantor Bupati di Pagaruyung.

Prosesi turut disaksikan Wakil Bupati Richi Aprian, Sekretaris Daerah Iqbal Ramadi Payana, Staf Ahli, para Asisten, Kepala Organisasi Perangkat Daerah, Ketua TP PKK Tanah Datar, Ketua GOW Tanah Datar, Camat, dan undangan lainnya.

Adapun Jabatan Pejabat Tinggi (JPT) Pratama yang dilantik yakni Hendri Agung Indrianto sebelumnya menjabat Kepala Bidang (Kabid) Pemasaran Dinas Pariwisata Provinsi Sumbar menjadi Kepala Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga. Kemudian Afrizon sebelumnya Sekretaris Dinas Sosial menjadi Kepala Dinas (Kadis) Sosial. Selanjutnya Yusrizal sebelumnya menjabat Sekretaris Kominfo menjadi Kadis Kominfo, serta Hendra Setiawan sebelumnya Camat Lima Kaum menjadi Kadis Koperindag.

"Tugas cukup berat menanti, terutama kadis Parpora yang diminta cek persiapan destinasi wisata terutama yang berada di bawah pengelolaan pemerintah daerah, agar siap melayani para wisatawan," kata Bupati Eka.

Dikatakan Eka, di dinas Pariwisata memiliki Program Unggulan (Progul) Satu Nagari Satu Even diminta mengawal pelaksanaannya, dimana nagari pertama yang melaksanakannya adalah Nagari Andaleh Baruah Bukik Kecamatan Sungayang pada 4 sampai 10 Mei 2022.

"Kawal, lakukan inovasi sehingga Progul ini ke depannya benar-benar mendatangkan Multifplier effect, baik dari sisi ekonomi, wisata, ekonomi kreatif, pelestarian alam lingkungan serta menjadi ajang kreativitas anak nagari," ujarnya.

Kemudian, kadis Koperindag, menjelang lebaran pastikan kenyamanan dan ketertiban di pasar-pasar. "Lakukan langkah-langkah untuk memastikan ketersediaan bahan pokok dengan koordinasi bersama instansi dan pihak terkait," ujar Eka.

Ditegaskan Eka lagi, di Dinas Koperindag juga masih ada Progul yang masih belum berjalan yakni Penciptaan Lapangan Pekerjaan dan Wirausahawan baru. "Mendukung pelaksanaan Progul itu, telah tersedia dananya, tolong pastikan regulasinya, petunjuk pelaksanaan dan petunjuk teknis segera disiapkan untuk realisasinya," terangnya.

Lebih lanjut, kepada kadis Kominfo, sebagai OPD bertugas penyampai informasi pemerintah daerah kepada masyarakat, tentu dibutuhkan langkah nyata penyebaran informasi, terutama, seluruh aset dibawah tanggungjawab Koperindag maupun OPD lainnya untuk dikelola dengan baik.

"Manfaatkan potensi dan sumber daya di  dinas Kominfo untuk menyebarkan informasi kepada perantau yang mudik maupun wisatawan yang berkunjung, seperti dengan memanfaatkan Website, Media Sosial, Tanah Datar TV dan media lainnya," sampainya.

Kepada Kadis Sosial, kata Eka, diharapkan lebih peka dalam mendengar dan melihat permasalahan sosial yang ada di tengah masyarakat.

"Berbagai program meningkatkan kesejahteraan masyarakat ada di Dinas Sosial, karenanya Saya harap Kadis lebih peka menanggapi permasalahan sosial di masyarakat," tukasnya.

Adapun pejabat lainnya yang dilantik adalah, Ten Feri sebelumnya Sekdis Perumahan Rakyat, Kawasan Pemukiman dan Lingkungan menjabat Kepala Bagian (Kabag) Administrasi Pembangunan (AP) Sekretariat Daerah, Irwan sebelumnya Kabag AP menjabat Sekdis Perumahan Rakyat, Kawasan Pemukiman dan Lingkungan, Herison sebelumnya Sekdis PMDPPKB menjabat Kepala Kantor Kesbangpol, dan Irwan sebelumnya Kepala Kantor Kesbangpol menjabat Camat Lima Kaum.

Selanjutnya, Narti sebelumnya Sekcam Lima Kaum menjabat Sekdis PMDPPKB, Abdi Hardifala sebelumnya Sekcam Batipuh Selatan menjabat Sekcam Lima Kaum, Muhammad As'ad sebelumnya Kabid Pembinaan SD pada Dinas Pendidikan dan Kebudayaan menjabat Sekcam Batipuh Selatan, Efri Dedy sebelumnya Kabid Keolahragaan pada Dinas Parpora menjabat Kabid Guru dan Tenaga Kependidikan pada Dinas Dikbud, dan Heldiyas sebelumnya Sekcam Tanjung Baru menjabat Sekdis Sosial PP dan PA.

Seterusnya, Yuskal sebelumnya Sekcam Sungayang menjabat Sekcam Tanjung Baru, Beni Oriza sebelumnya Sekcam Sungai Tarab menjabat Sekcam Sungayang, Yetty Asben sebelumnya Kabid Guru dan Tenaga Kependidikan Dikbud menjabat Sekcam Sungai Tarab, Alhadi sebelumnya Kabid Perumahan pada Dinas Perkim LH menjabat Kabid PSDA pada Dinas PUPR dan Pertanahan, dan Dewi Fitri sebelumnya Kabid PSDA pada Dinas PUPR dan Pertanahan menjabat Kabid Perumahan pada Dinas Perkim LH.

Terakhir, Gusti Hamdi menjabat Kasubag Umum dan Kepegawaian pada Kantor Camat Batipuh Selatan, Mesrawita menjabat Kasubag Perencanaan dan Keuangan pada Kantor Camat Batipuh Selatan, Afriyanti menjabat Kasi Pelayanan Umum pada Kantor Camat Batipuh Selatan, dan Dessi Suriyanti menjabat Kasi Pemerintahan Masyarakat dan Desa pada Kantor Camat Batipuh Selatan. (MG)
 
Top