JA, Sarolangun, Program Percepatan Pembangunan Desa dan Kelurahan (P2DK) Terlahir dari sebuah konsep (blue print) jauh sebelumnya telah dipersiapkan, dipikirkan dengan harapan, membawa Sarolangun menjadi Kabupaten yang maju dan sejahtera.(dok)

(Drs.H.Cek Endra - Bupati Sarolangun)
"saya membawa Sarolangun atas konsep sarolangun emas. Salah satu program saya adalah Program Seratus Juta Satu Desa (Serjusade). Program ini bertujuan untuk meningkatkan upaya penanggulangan kemiskinan dan mengurangi kesenjangan. Kemudian untuk meningkatkan kapasitas perencanaan dan penganggaran pembangunan ditingkat desa dan pemberdayaan masyarakat.

Disamping itu program (Serjusade/P2DK) ini mendorong pembangunan di desa yang berlandaskan gotong royong dalam meningkatkan pembangunan infrastruktur pedesaan, meningkatkan pelayanan ketentraman dan ketertiban masyarakat, Pengembangan kegiatan sosial dan ekonomi masyarakat desa, mendorong peningkatan keswadayaan yang bersifat gotong royong ditengah masyarakat. Meningkatkan pendapatan dan masyarakat desa melalui Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) serta meningkatkan kemandirian desa dan daya saing desa.

Dan seiring waktu, Program Serjusade telah berganti nama menjadi Program Percepatan Pembangunan Desa dan Kelurahan (P2DK).

Kenapa jadi P2DK ? Karena anggarannya juga naik menjadi Dua Ratus Juta Per - desa. Gelontoran dana ke desa tersebut membuat pembangunan diseluruh desa melaju pesat.

Dalam kesempatan ini saya menyampaikan bahwa, Program P2DK ini sangat bermanfaat, hampir semua masyarakat setuju dengan program pembangunan ini.

Alhamdulillah, sejauh ini tidak ada penolakan dari masyarakat, kalau ada kades yang menolak program ini saya sedia menerimanya. Tapi, hingga detik ini semua kades sangat antusias dan masyarakat banyak yang puas dengan program ini. (nal).


(Informasi ini disampaikan berlandaskan Catatan Bupati Sarolangun Drs.H.Cek Endra berjudul "Maju, Majulah Sarolangun" Terbit 2016)
 
Top