JA.com, Agam (Sumatera Barat)--Komisi II DPRD Kabupaten Agam menggelar rapat kerja dengan mitra kerja di Aula Utama DPRD Agam, Kamis (18/6). Rapat tersebut membahas terkait strategi pemulihan ekonomi Kabupaten Agam pada masa new normal.

Rapat tersebut dipimpin langsung oleh Ketua Komisi II Rizki Abdillah Fadhal didampingi Anggota Komisi Alhamdi Arif dan Asrizal. Rapat tersebut dihadiri oleh Dinas Pertanian, Dinas Koperasi UMKM Perindag serta Dinas Perikanan dan Ketahanan Pangan. Juga hadir pada kesempatan itu, Kepala Bank Nagari Cabang Lubuk Basung Tasman.

Ketua Komisi II DPRD Agam Rizki Abdillah Fadhal mengatakan rapat tersebut guna untuk membahas strategi dari dinas-dinas terkait dalam pemulihan ekonomi di Kabupaten Agam.

Dalam rapat tersebut Kepala Bidang Peningkatan Kapasitas dan Daya Saing Dinas Perinkanan dan Ketahanan Pangan Hartini mengatakan yang banyak terkena dampak yakni penurunan produksi dari sektor budi daya ikan dan pengolahan. Hal itu disebabkan karena terjadinya penurunan pada pemasaran akibat wabah Covid-19.

“Dari segi pangan, Dinas Perikanan dan Ketahanan Pangan hanya menjaga ketersediaan pangan untuk masyarakat. Maka strategi yang bisa kita laksanakan pada masa new normal dengan banyaknya usaha-usaha kecil yang fakum, yang perlu kita perkuat adalah pemasarannya. Tentu ini butuh modal, untuk itu kita berharap ada penyediaan penjamanan modal dengan bunga yang rendah,” jelasnya.

Terkait dengan Pertanian, Sekretaris Dinas Pertanian Emrizal juga menyebut permasalahan yang terjadi pada hasil tani adalah pemasarannya.

Hal itu karena banyaknya penurunan penjualan pada hasil-hasil pertanian. Namun begitu, Ia menyebutkan untuk produksi pangan meningkat di Kabupaten Agam.

Sementara itu, Kepala Bank Nagari Cabang Lubuk Basung Tasman mengatakan pihaknya akan mensupport program-program pemerintah dalam pemulihan ekonomi di Kabupaten Agam.

“Kami siap memberikan support kepada program-program pemerintah daerah untuk pemulihan ekonomi di Agam. Selain itu kami siap mensupport pemda dalam menggandeng UMKM untuk meningkatkan produksinya,”jelasnya.

Ketua Komisi II DPRD Agam berharap, Bank Nagari dapat mensupport masyarakat dalam pemulihan ekonomi di masyarakat sehingga dapat kembali seperti semula.

* Hms/ Pandu *
 
Top