JA.com, Payakumbuh (Sumatra Barat)--Warga Perumnas Kubang Gajah, Kelurahan Limbukan, Kecamatan Payakumbuh Selatan patut diacungi jempol, terkait kekompakan dan kegiatan positifnya. Betapa tidak, belum lama ini Forkopimprov Sumbar semisal Gubernur Irwan Prayitno, Kapolda Sumbar Irjen. Pol. Drs. Toni Harmanto, M.H, Danrem 032 Wirabraja Brigjen TNI Arief Gajah Mada, SE, sambangi Kampung Tangguh Covid-19 Kubang Gajah.

"Sebelumnya, sudah berulang pula Pak Wali Kota Riza Falepi dan Pak Kapolres Payakumbuh AKBP Dony Setiawan datang kesini untuk membina Posko Mandiri Covid-19 Kubang Gajah," kata Korlap Kampung Tangguh Covid-19 Kubang Gajah Edison Dt Bagak didampingi Nur Fajri, dan Romi Sabtu (26/6) di Limbukan.

Kali ini sejumlah warga Perumnas Kubang Gajah yang tergabung dalam Komunitas Basosoh Adventure Kubang Gajah mengadakan touring alias jalan-jalan keluar daerah. Tujuannya, untuk penyegaran usai dibebani kegiatan rutinitas.

"Kami sengaja mengadakan kegiatan penyegaran ini secara berkala. Kali ini kami pakai sepeda motor untuk touring ke daerah tetangga. Mengenai kendaraan, bebas, sepanjang layak jalan dan sehat," kata Ketua Basosoh Adventure Kubang Gajah H. Mudawarmen, Sabtu (26/6) di Payakumbuh.

Dikatakan lelaki nan diakrabi H. Ujang ini, komunitas yang digawanginya itu bukan hanya kelompok bersepeda motor saja tapi, ada juga dengan mobil, dan sepeda dayung. Tidak itu saja, tak jarang mereka gelar touring dengan berjalan kaki, berhari-hari.

"Sebelum kami touring dengan sepeda motor ini, kami coba berjalan kaki menyusuri jalur rimba raya. Mulai Pilubang, Buluh Kasok, Panti Rajo , Puncak Bukit Noneh, Tambio, Karantina Papan (Sumbar), Salosong, Kobun Tinggi, Lubuak Bigau, Batu Sasak, Deras Tajak, Lubuk Oguang, sampai Lipat Kain. Perjalanan cukup melelahkan ini kami tempuh selama tiga hari dan hanya bertiga orang pula," kata H. Bujang diamini Anggotanya Alfiandri, Martin Dt Bandaro Panjang, Novrizal dan Hanafi.

Didampingi Anggotanya Drh Herizalsyah, Misnarno, serta Ajo Feri, selain berjalan kaki, di komunitasnya juga ada kegiatan bersepeda dan touring menggunakan mobil.

"Komunitas kita bebas tapi terarah. Yang penting itu adalah kekompakkan diantara anggota. Sesakit dan sesenang dan suka maupun duka," urai H. Bujang bersama Anggotanya Harry, Feri, Ajo Ketek, Man Guru, dan Med.

Lebih lanjut, dalam touring, meskipun sudah dalam status New Normal, namun mereka tetap dalam Protokol Kesehatan. Semisal, pakai masker, rajin cuci tangan, jaga jarak dan tingkatkan imun tubuh. Disamping senantiasa mematuhi aturan lalu-lintas.

"In Sha Allah, jika tidak ada aral melintang kita akan tempuh rute yang diperkirakan ditempuh selama dua hari. Start Lapau Esi Marajo Perumnas Kubang Gajah, Payakumbuh-Bukittinggi-Lubuk Sikaping (Sumbar), Padang Sidempuan-Padang Lawas-Gunung Tua (Sumut)- Pasia Panyaraian, Ujung Batu-Rantau Beringin (Riau) dan kembali ke Payakumbuh," tutup H Bujang yang kesehariannya pengusaha ayam petelur tersebut. (Farhan)
 
Top