JA.com, Solok Selatan (Sumatera Barat)--Untuk menjaga keamanan serta kenyamanan bagi awak yang bertugas di Kabupaten Solok Selatan, ketua PWI setempat menghimbau jaga keselamatan dalam melakukan tugas sebagai jurnalis di saat Covid mewabah.

Ketua PWI Solok Selatan (Solsel) Hendrivon menghimbau, agar awak media tidak melakukan komunikasi langsung disaat akan memwelukan data atau konfirmasi kepada pejabat daerah, termasuk Anggota DPRD Solsel.

Karena banyak Aparatur Sipil Negara (ASN) yang telah kontak langsung dengan BM, yang telah dinyatakan  terpapar positif covid 19.

"Demi rasa aman dari tularan covid 19, maka kita minta rekan-rekan Pers di Solsel untuk tidak komunikasi langsung dengan pejabat dan Anggota DPRD, sebelum keluar hasil swabnya," tegas Ketua PWI Solok Selatan, Hendrivon kepada Awak Media, Jumat (5/6).

Hari ini dan kemarin katanya, sudah diambil ratusan sampel swab yang kontak langsung (dengan BM,red,) saat rapat di Kantor Bupati maupun di DPRD Solsel serta luar kantor dan lainnya.

Bagi awak media yang ingin melakukan konfirmasi untuk mendapatkan informasi lakukan  saja via handphone, mengingat demi kenyamanan awak media dan keluarga dari wabah pandemi tidak berujud itu, sebut Abang Singgalang demikian panggilan akrabnya.

" kita meminta teman-teman media dapat memakluminya. Kita tunggu dulu hasil swabnya keluar," pungkasnya.

Kalau ada teman-teman pers yang tertular. Tentu saja akan banyak tracking tularan yang terjadi. Tidak hanya sesama insan pers, akan tetapi dengan narasumber nantinya.

Sementara, AWS, salah seorang wartawan daerah Solsel mengaku pernah kontak langsung dengan BM. Namun hari ini ia telah diambil sampel swabnya di BPBD Solsel bersama ASN dan pejabat lainnya.

"Dengan terjadinya kontak langsung dengan BM, sehingga saya melakukan tes swab hari ini. Mudahan saja hasilnya negatif," bebernya.

Dia menjelaskan, satu-satunya wartawan yang ikut tes swab hari ini bersama pejabat dan ASN di lingkup Pemkab Solsel.

Usai sampel swab di ambil ia pun dianjurkan tidak kemana-mana. Dan harus mematuhi protokol covid untuk diisolasi mandiri di rumah.

"Saya dianjurkan untuk isolasi mandiri di rumah hingga hasil swab keluar," pungkasnya.

* dirman *
 
Top