JA.com, Agam (Sumatera Barat)--Hujan lebat yang mengguyur sebagian wilayah Kabupaten Agam sejak siang tadi, Selasa (11/6/2019) menyebabkan banjir di wilayah Kacamatan Ampek Nagari. 

Melalui siaran persnya pada JA.com, Camat Ampek Nagari, Roza Syafdefianti menyampaikan, banjir setinggi lutut orang dewasa dipicu hujan lebat sejak sore tadi, sehingga air di jalan raya mengalir ke lapangan bola dan merendam 8 unit rumah warga dekat kantor camat Ampek Nagari.

Tambahnya, banjir yang menggenangi rumah warga di jorong Pudung Nagari Bawan, antara lain, rumah N. Nurbait (70), Sulaini (71), Wiki Wardana (45), Marsudi  ( 31), Mansurmi (53), Rajin (55), Zurnaini (73) dan Asrarudin (45).

”Genangan air terparah pada dua dari, delapan rumah warga yang terendam banjir,” ujarnya.

Diakui, saat ini Ia bersama Kepala Dinas Satpol PP dan Damkar Agam Dandi Pribadi dan Kadis Dinsos Agam Kurniawan Syaputra, Wali Nagari Bawan beserta perangkat kecamatan dan nagari berada di lokasi banjir.

"Saat ini 2 unit mobil Damkar Agam sedang lakukan penyedotan air dalam rumah warga," sebut Roza.

Diungkapkan, dengan peristiwa banjir tersebut, kedepan, upaya jangka panjang akan dilakukan Pemerintah Kabupaten Agam adalah perbaikan saluran air dilapangan bola Nagari Bawan tersebut. 

"Insya Allah akan dilaksanakan tahun 2019 ini, dengan alokasi anggaran Rp.400 juta lebih," pungkas Roza. 

Selain itu, banjir juga menerpa areal perkebunan dan perternakan di Jawi Tanyak, Jorong Pasar Bawan Kecamatan Ampek Nagari. (Pandu)
 
Top