JA.com, Solok Selatan (sumatera Barat)---Kabupaten Solok Selatan, membutuhkan dokter spesialis jiwa. Saat ini, formasi itu tidak ada yang mengisi. Pemerintah setempat, bahkan bersedia menyekolah
kan dokter untuk mengambil spesialis jiwa yang berminat.

Kepala Dinas Kesehatan Solok Selatan, Dr Novirman SKM.MM kepada Jurnal Andalas.com  mengatakan bahwa kebutuhan dokter spesialis di Solok Selatan, sudah hampir memadai. Saat ini, sudah ada sebanyak enam belas dokter spesialis yang bertugas di RSUD Solok Selatan. "Hanya dokter spesialis jiwa yang kita belum punya," sebutnya, di Padang Aro Rabu (12/6).

Disampaikan Novirman, jika ada dokter yang akan mengambil spesialis jiwa dan bersedia nantinya mengabdi di Solok Selatan, pihaknya akan mengupayakan beasiswa. Baik dari daerah sendiri maupun dengan program kerjasama dengan kementrian kesehatan.

Menyangkut tenaga medis di Solok Selatan, Novirman menyatakan bahwa jumlah tenaga medis yang ada, dokter spesialis, dokter, bidan, perawat, tenaga kesehatan lingkungan, tenaga farmasi, hampir lengkap. "Jumlah tenaga medis yang ada hampir lengkap dan memadai," katanya.

Sebarannya, juga cukup merata di setiap Puskesmas, setiap Puskesmas ada dua orang dokter. Bahkan beberapa Puskesmas, terdapat empat orang dokter.tutupnya. (Sudir)*.
 
Top