JA.com, Solok Selatan (Sumatera Barat)--Bupati Solok Selatan, Muzni Zakaria tinjau pembangunan gardu induk (GI), untuk pastikan ketersediaan listrik di daerahnya, khususnya untuk masyarakat agar terhindar dari krisis listrik.

Peninjauan Bupati langsung ke pengerjaan Gardu Induk (GI) yang sedang dibangun PT. PLN di Kampung Baru, Alam Pauh Duo, Ke. Pauh Duo, Senin 8/7.

Menurut Muzni, Masyarakat Solok Selatan khususnya, harus dipastikan terlebih dahulu bebas dari krisis listrik yang terjadi selama ini.

"Pemadaman listrik yang sering dialami mudah-mudahan tidak terjadi lagi setelah beroperasinya Gardu Induk yang akan mendapatkan supply listrik dari PT. Supreme Energy nantinya," kata Muzni sewaktu peninjauan.

Disamping melakukan peninjauan pembangunan Gardu Induk, Muzni yang didampingi Field Relation Senior Manager Supreme Energy Muara Laboh, Yulnofrins Napilus, juga melihat langsung pembangunan Geothermal Power Plant Project atau pabrik pembangkit (listrik) dari panas bumi serta pembangunan Gelanggang Olahraga Raga (GOR) bantuan PT Supreme Energi Muara Laboh (PT SEML) senilai Rp. 24 Milyar.

"Semoga investasi ini membawa kemaslahatan bagi masyarakat banyak," ujarnya.

Sementara itu, Nofrin mengatakan bahwa Perusahaan Listrik Negara (PLN) membangun Gardu Induk di Pekonina agar listrik yang dihasilkan oleh PT. Supreme Energy Muara Laboh (SEML) juga bisa didistribusikan di Solok Selatan nantinya.

"Untuk itu, PLN juga sudah menyiapkan trafo sebesar 25 MW dan jaringan 20 kV ke dua arah, yang satu mengaliri arah Padang Aro dan satu lagi ke arah Muara Labuh," terang Nofrin

Ia juga menambahkan bahwa dengan adanya GI ini, listrik di Solok Selatan khususnya akan lebih terjamin suplainya, karena langsung terhubung ke Jaringan utama Grid Lintas Sumatera yang terbentang dari Lampung hingga ke Aceh.

"Sesuai rencana, September 2019 ini atau 2 bulan lagi Insha Allah Supreme Energy akan beroperasi secara komersial (commercial on date/COD)," jelas Nofrin

Untuk diketahui, GI sendiri bisa di ibaratkan sebagai stasiun atau terminal dalam transportasi listrik.

GI sangat memiliki peranan penting dalam sistem transmisi, yang mempunyai fungsi diantaranya ; Mentransformasikan tegangan (sebagai penaik dan penurun tegangan).

Untuk mengatur aliran daya listrik dari saluran transmisi ke saluran transmisi lainnya sehingga bisa didistribusikan ke konsumen, dan berbagai fungsi lainnya dalam kelistrikan. (rilis/Sudir)*.
 
Top