Kasubag SDM Perusda Mentawai Yohanes Purba

JA.com, Mentawai (Sumatera Barat) -- Virgin Coconut Oil (VCO) minyak goreng rendah kolesterol dengan santan pilihan di produksi Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) Pemerintah kabupaten kepulauan Mentawai melalui Perusahaan Daerah (Perusda). dengan harga jual VCO Rp. 25.000 per botol dan ukuran 350 mm.

Hal ini disampaikan Kasubag Sumber Daya Manusia Perusda Mentawai, Yohanes Purba mengatakan kepada wartawan di ruang kerjanya, bahwa VCO banyak memiliki manfaat pada tubuh manusia diantaranya, mengobati penyakit Kolesterol, untuk kecantikan dan paling utamanya adalah sangat baik dikonsumsi tubuh dan tentunya berbeda dengan produksi  Minyak sawit  pada umumnya.

"Proses produksi  VCO meliputi penampungan kelapa, pemarutan kelapa, penyulingan santan, mengendapkan santan, menentukan bibit, lalu penyaringan bibit sehingga memperoleh hasil VCO sebening ini," jelasnya.

Adapun kendala produksi saat ini adalah terbatasnya ruang untuk pemasaran (market), karena VCO produknya Perusda Mentawai belum mendapatkan izin dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) provinsi sumatra barat, sehingga VCO dipasarkan hanya skala kecil atau sesuai dengan pesanan konsumen aja.

"Kendala utama kami sekarang ini dalam pengurusan perizinan BPOM  sebab, letak  geografis wilayah Mentawai yang cukup jauh dari pusat Provinsi, dan pihak BPOM belum dapat meninjau tempat pengolahan minyak kita, sesuai standar yang akan ditentukan. Dan untuk Dinkes Mentawai sendiri juga menunggu persetujuan dari BPOM Provinsi  Sumatera Barat," tuturnya.

Tambahnya, apabila Izin dari BPOM sudah ada, pihaknya akan membuat penyulingan dengan skala lebih besar yang sesuai dengan permintaan pasar, baik pasar tingkat daerah maupun nasional bahkan untuk pasar Internasional." harapnya.

Dan Kasubag SDM sangat optimis dengan produk VCO, minyak goreng rendah kolesterol ini dapat bersaing pada pasar, karena harga dapat terjangkau konsumen."tutupnya. (Lilis/ash)
 
Top