JA.com, Solok Selatan (Sumatera Barat)--Kelompok sadar keamanan dan ketertiban masyarakat (Pokdar Kamtibmas) dikukuhkan Kapolres Solok Selatan AKBP Tedy Purnanto di Aula Sanika Stya Wada, Mapolres setempat Senin 31/8/2020.
Adapun sebagai ketua Pokdar Kamtibmas di amanah kan pada Ultra Dinata, didampingi  Solbetri sebagai wakil ketua, Sekretaris oleh Besrizal serta Bendahara Desmarni.

Pokdar Kamtibmas adalah suatu kelompok masyarakat secara sukarela yang bermitra dengan Polri, secara bersama sama melakukan kegiatan yang bertujuan menanggulangi gangguan Kamtibmas di wilayah  Solok Selatan yang disesuaikan dengan peraturan perundang-undangan, sebut AKBP Tedy Purnanto sewaktu memberikan sambutan.

"Pokdar Kamtibmas melakukan kegiatan pembinaan secara intensif terhadap kelompok remaja, pemuda dan warga masyarakat lainnya. Supaya pro aktif dalam pemetaan masalah, identifikasi terhadap masalah dan upaya pemecahan masalah berbasis kearifan lokal," papar Tedy.

Dikatakan Tedy, pembentukan Pokdar Kamtibmas berdasarkan perintah UU Nomor 2 tahun 2002
Peraturan Pemerintah 43 tahun 2012 , Permendagri nomor 12 tahun 2008, Surat Keputusan  Kapolri No: SKEP/661/XI/1992 tanggal 26 November 1992.Peraturan Kapolri No 3 tahun 2015. ST Kapolri No: 2492/IX/HUK.6.5/2019 tanggal 18 September  2019.

Ketua Pokdar Kamtibmas Solsel, Ultra Dinata mengucapkan terimakasih serta  apresiasi terhadap Polres Solsel telah  mewujudkan tatanan kehidupan masyarakat yang aman dan tertib melalui pembentukan kelompok ini dari seluruh unsur masyarakat.

"Dalam mewujudkan keamanan tidak hanya tugas Polri dan TNI semata, namun harus terlibat  semua unsur. Sehubungan dengan telah dikukuhkan Pokdar Kamtibmas dituntut peran aktif semua pengurus. Tentunya bisa memberi rasa aman dan nyaman pada masyarakat.
Untuk itu, mari kita bersinergi dan bekerjasama dengan Polri dan TNI dalam menjalankan amanah ini," pintanya.

Bupati Solsel diwakili Asisten Pemerintahan Fidel Efendi mengatakan tugas pengurus Pokdar Kamtibmas sangat bermanfaat  bagi masyarakat untuk menciptakan keamanan dan ketertiban di tengah masyarakat.

"Terimakasih pada Polres dan jajaran beserta pengurus. Semoga Kamtibmas di Solsel semakin baik. Apalagi akan Pilkada serentak tentunya, Pokdar Kamtibmas sangat berperan nantinya dalam mewujudkan keamanan," sebutannya.

Dikesempatan pengukuhan itu  dihadiri  Kajari Solsel M Bardan, Danramil 0309/03 Muara Labuh Kapten Betrimeldi, Waka Polres Solsel Kompol Aburahman Surya negara,  Asisten I Pemkab Solsel beserta PJU Polres Solsel dan undangan lainnya.

* dirman *
 
Top