JA.com, Solok Selatan (Sumatera Barat)--Plt Bupati Solok Selatan (Solsel) Abdul Rahman kunjungi Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) di Jakarta, Kamis (27/8/20).Dalam  kunjungan tersebut upaya memperoleh bantuan peralatan penanggulangan kebencanaan di kabupaten yang dipimpinnya.

Kehadiran Abdul Rahman beserta jajaran Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Solok Selatan di BNPB  langsung disambut oleh Kepala Pusat Pengendalian Operasi (Pusdalops) Bambang Surya Putra serta jajarannya.

Dia menyebutkan pihaknya menyambut baik permohonan yang disampaikan Pemerintah Kabupaten Solok Selatan untuk selanjutnya dianalisis terkait bermacam kebutuhan yang diminta.


Pihaknya (BNPB) berpesan supaya daerah dan pusat selalu bersinergi serta menjalin komunikasi  intensif dalam upaya antisipasi dan penanggulangan berbagai persoalan kebencanaan di daerah.

Abdul Rahman mengatakan dalam pertemuan singkat tersebut, pihaknya menyampaikan beberapa permohonan dari Pemerintah Kabupaten Solok Selatan terkait dukungan Peralatan Kebencanaan ke Deputi Peralatan dan Logistik serta Pusdalop BNPB di Jakarta.

Pihaknya menjelaskan kondisi dan geografis daerah Solok Selatanel yang rawan bencana, sehingga sangat dibutuhkan berbagai peralatan kebencanan dalam menghadapinya.

Kondisi dan faktor geografis  inilah yang menjadikan Pemerintah Kabupaten akan terus berupaya bagaimana Solok Selatane nantinya punya kesiapan menghadapi segala kemungkinan ancaman tersebut.


"Kita tentu saja tidak menginginkan bencana di daerah kita. Namun kita tentu harus terus waspada dan mempersiapkan segala sesuatunya. Bukan hanya kesiapan SDM saja, tapi juga termasuk peralatan pendukung dalam penanggulangan.  Apakah itu penanganan longsor, banjir, gempa dan lainnya," ujar Rahman.

Dalam kesempatan itu Plt. Bupati yang didampingi Kalaksa BPBD Solok Selatan Richi Amran dan jajarannya, juga diajak oleh Kapusdalops untuk melihat langsung salah satu alat yang dimiliki BNPB guna memantau setiap kejadian bencana di Indonesia.


"Peralatan pemantauan bencana BNPB betul-betul canggih. Alat tersebut bisa mengumpulkan data dan informasi tentang bencana dan dapat melakukan pemantauan serta deteksi dini kejadian bencana secara cepat," katanya takjub.***


 
Top