JA.com, Payakumbuh, (Sumatra Barat) -- Pusat Koperasi Pegawai Republik Indonesia (PKP-RI) wilayah Sumatra Barat (Sumbar) melaksanakan lomba tahunan dalam rangka mencari Koperasi terbaik dan berprestasi di seluruh wilayah Sumbar. Lomba ini diikuti oleh 15 Koperasi dari setiap perwakilan daerah di Provinsi Sumbar.

Tanpa terkecuali Kota Payakumbuh yang diwakili oleh Koperasi Pegawai Negeri (KPN) Husada Syariah RSUD Adnaan WD yang diutus mewakili Kota Payakumbuh untuk ikut pada ajang pemilihan koperasi berprestasi tingkat provinsi, Kamis (6/8).

“Agenda PKP-RI ini sendiri bertujuan untuk meningkatkan semangat dan potensi koperasi daerah yang ada di regional Sumatra Barat," ucap Ell Yawardi selaku ketua tim penilai dari Provinsi Sumbar itu saat menyampaikan sambutan dalam kunjungan penilaiannya tersebut di KPN Husada Syariah, RSUD Adnaan WD Kota Payakumbuh.

Dilanjutkannya, Koperasi sangat memiliki potensi, hal ini bergantung terhadap anggotanya dalam mengambil tindakan.

"Melalui kegiatan ini, kami ingin seluruh pengurus koperasi melakukan kegiatan apapun nantinya, yang berkaitan dengan koperasi maka harus dengan melibatkan koperasi untuk kemajuan koperasi dan anggota lainnya," harap Ell Yawardi.

Meskipun proses penilaian yang seyogyanya akan berlangsung pada bulan Maret 2020 sempat tertunda akibat pandemi Covid-19, pengurus KPN Husada Syariah RSU Adnaan WD Kota Payakumbuh tetap semangat menyambut kedatangan tim penilai dari Sumbar itu.

Ketua KPN Husada Syariah, Desmawanti mengaku sempat bingung ketika koperasi kecilnya ditunjuk oleh Dinas Koperasi dan UKM Kota Payakumbuh pada ajang tahunan yang diadakan oleh PKP-RI tersebut.

“Meskipun ditunjuk tanpa persiapan yang matang, kami dari KPN Husada Syariah tetap senang dan menganggap hal ini sebagai bentuk penghargaan kepada koperasi dan seluruh pengurus disini," ungkap Desmawanti.

Sementara, Arif Siswandi kepala bagian Perekonomian Setdako Payakumbuh selaku pendamping tim penilai menyampaikan jika KPN Husada Syariah dipilih karna banyak hal.

“Kita memilih KPN Husada Syariah ini berdasarkan catatan administrasi serta pembahasan isu sentral mengenai pengembangan sistem syariah bagi anggotanya. Tentu kita berharap dengan berlangsungnya kegiatan ini dapat memacu semangat koperasi-koperasi lainya untuk berkembang lebih baik," ungkap Arif Suwandi yang juga selaku badan pengawas KPN Kota Payakumbuh.

Arif juga menaruh harapan kepada koperasi Husada Syariah untuk berkembang menjadi lebih baik setelah kompetisi ini. Pegawai rumah sakit yang berpotensi besar menjadi anggota aktif koperasi, menjadi potensi bagi Husada Syariah untuk berkembang dan meningkatkan kualitas pelayanan anggota nya.

Meskipun ada berberapa catatan dari tim penilai provinsi setelah penilaian berlangsung, Arif optimis Payakumbuh melalui koperasi Husada Syariah mampu meraih prestasi pada ajang kali ini. (Farhan)
 
Top