JA.com, Tanahdatar (Sumatra Barat)-- Masyarakat Nagari Barulak Kecamatan Tanjung Baru, membentuk yayasan yang bergerak di bidang pendidikan. Yayasan ini diberi nama Yayasan Pendidikan Nagari Barulak yang kepengurusannya dikukuhkan oleh Wali Nagari Barulak Mulyadi Dt. Bandaro Bodi dan dihadiri langsung Wakil Bupati H. Zuldafri Darma, SH, Selasa (11/8) kemarin, di pelataran parkir SPBU Barulak.

Wakil Bupati Tanah Datar H. Zuldafri Darma, SH pada saat pengukuhan tersebut menyampaikan ucapan terima kasih dan memberikan apresiasi kepada Nagari Barulak yang telah mengukuhkan pengurus yayasan pendidikan yang akan menaungi pendidikan anak-anak Nagari Barulak mulai dari pendidikan dasar hingga perguruan tinggi itu.

"Atas nama pemerintah daerah dan masyarakat kami sampaikan ucapan terima kasih dan beri apresiasi tinggi atas terbentuknya yayasan pendidikan di Nagari Barulak, hal ini juga termasuk dalam prioritas utama visi misi daerah yaitu peningkatan kualitas SDM," ucapnya.

Apalagi selama ini, sampai Zuldafri pemerintah daerah sudah membuktikan komitmennya membantu anak Tanah Datar untuk tetap bersekolah. Tidak ada anak Tanah Datar yang tidak sekolah karena alasan biaya.

“Kita anggarkan melalui APBD, dukungan BAZNAS, donasi CSR BUMN/BUMD dan hari ini salah satu bentuk dukungan dari masyarakat dan perantau untuk membantu biaya pendidikan anak-anak dari keluarga tidak mampu,” tuturnya.

Keseriusan mengelola sektor ini, menjadikan Kabupaten Tanah Datar tercatat sebagai kabupaten terbaik pertama dalam pengelolaan pendidikan di Provinsi Sumatera Barat lima kali berturut-turut, salah satu indikatornya jumlah lululusan SLTA yang diterima di Perguruan Tinggi Negeri.

Dikatakan Wabup dari 75 nagari di Tanah Datar, ini yang pertama dan satu-satunya Nagari Barulak yang memiliki yayasan pendidikan, wabup berharap ini dapat menjadi contoh bagi nagari-nagari lain di Tanah Datar.

Wali Nagari Barulak Mulyadi Dt. Bandaro Bodi usai pengukuhan menuturkan yayasan ini akan menaungi mulai dari pendidikan usia dini (PAUD) hingga perguruan tinggi dan mengutamakan warga yang kurang mampu.

"Yayasan ini sangat solid membantu pendidikan anak-anak nagari Barulak, baru-baru ini ada 4 mahasiswa yang dibantu yayasan untuk masuk perguruan tinggi, selain itu yayasan juga menaungi pondok-pondok tahfizh dan itu juga tidak sedikit bantuan perantau bahkan hingga saat ini sudah mencapai Rp.150 juta," sebutnya.

Kegiatan pengukuhan yang juga dilaksanakan live via zoom meetting yang disaksikan perantau dan dimeriahkan randai anak Nagari Barulak ini turut dihadiri Wakil Ketua DPRD Anton Yondra, Anggota DPRD Zully Rustam, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Riswandi, Kepala Dinas PMDPPKB Nofenril, Kepala Kemenag Tanah Datar, Camat Tanjung Baru Arief Gani, Pembina Yayasan Irman, Pemerhati Pendidikan M. Shadiq Pasadigoe (Bupati Periode 2005-2015), Tokoh Masyarakat H. Indra Riswan Dt Paduko Sinaro, H.M.Djamil Baridjambek AU Dt Temanggung, Idris Dt Rajo Pangulu dan undangan lainnya. (MG)
 
Top