JA.com, Limapuluh Kota (Sumatera Barat).

Bupati Limapuluh Kota H. Irfendi Arbi kembali menuai prestasi nasional. Kali ini ia menerima penghargaan dari Badan Pusat Statistik (BPS) Pusat.

Piagam penghargaan dari Kepala BPS Dr. Suhariyanto itu diserahkan melalui Kepala Kantor BPS Kabupaten Limapuluh Kota Heri Sulistio di pendopo rumah dinas bupati, Selasa (11/8).

Penghargaan itu sukses diraih karena capaian  Response Rate yang melebihi target dalam pelaksanaan Sensus Penduduk (SP) Online. Semua itu tidak terlepas dari dukungan dan suport BupatiIrfendi Arbi sehingga SP Online di Kabupaten Limapuluh Kota tercapai melebihi target pusat. 

Dukungan pimpinan daerah ini antara lain dalam bentuk adanya surat untuk meminta seluruh OPD, camat wali nagari untuk menggerakan masyarakat mendukung pelaksanaan SP Online.

"Bupati Irfendi Arbi sukses mendapatkan penghargaan Kepala BPS Pusat
karena pelaksanaan SP Online di Kabupaten Limapuluh Kota benar-benar mendapatkan dukungan dari bupati beserta jajajaran pemerintah daerah dan masyarakat," tutur Kepala BPS Heri Sulistio usai menyerahkan penghargaan bergengsi itu.

Dikatakan Heri, berkat dukungan kepala daerah, jajaran pemerintah daerah dan berbagai elemen masyarakat, pelaksanaan sensus online di daerah ini terealisasi hingga 166,1% atau sebanyak 64.978 jiwa. 

"Angka yang melebihi rencana ini tentunya juga tidak terlepas dari partisipasi masyarakat," sebut Heri.

Bupati Irfendi Arbi yang dimintai tanggapannya mengaku senang dan berterimakasih kepada pihak BPS. Menurutnya, sensus yang dilakukan BPS harus disukseskan karena pendataan itu sangat berpengaruh terhadap perencanaan pembangunan masyarakat dan daerah.

"Kita mendukung pelaksanaan SP Online maupun sensus lainnya yang dilakukan BPS. Sebab, data akurat yang dihasilkan BPS nantinya akan sangat menentukan keberhasilan kita membuat perencanaan yang tepat dalam membangun daerah," tutur Irfendi.

Terpisah sejumlah elemen masyarakat mengapresiasi bupati dan jajaran Pemkab Limapuluh Kota atas raihan piagam penghargaan BPS tersebut. Mereka berharap Limapuluh Kota ke depan terus memposisikan diri sejajar dengan daerah lainya.

Wali Nagari Tanjung Bungo Yefriandi Dt. Mangkuto Rajo menyebut,iIni jelas tidak terlepas dari dukungan bupati dan Pemkab dalam memberikan keaadaran pada masyarakat untuk mengikuti SP Online. 

"Kendati tengah dalam persiapan Pilkada, tapi Bupati Irfendi Arbi tetap fokus pada tugas-tugas pemerintahan. Kita mengucapkan selamat pada bupati dan Pemkab Limapuluh Kota yang telah bekerjasama yang baik dengan BPS sehingga masyarakat antusias mengikuti SP Online," tutur Yefriandi.

Senada pengurus KAN Nagari Tanjung Pauh Zulfikar S.Pd Dt. Tan Simarajo juga mengacungi jempol dan mengucapkan terimakasih kepada bupati yang telah membawa baik Kabupaten Limapuluh Kota pada prestasi SP Online yang melampaui target nasional.

"Hebat. Kita apresiasi bupati dan masyarakat. Sebab, kesadaran maayarakat melaksanakan sensus itu sangat berpengaruh oada perencanaan pembangunan," simpul Zulfikar. (gun)


 
Top