JA.com, Padang (Sumatera Barat)--Pemerintah saat ini tengah menyiapkan skema tatanan kehidupan normal baru (New Normal Life) di tengah pandemi virus corona (Covid-19) yang masih mewabah. Berbagai sektor pun dipersiapkan, diantaranya terhadap sistem pelayanan publik.

Terkait dengan itu, Kementerian Pendayagunaaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) melalui Kedeputian Bidang Pelayanan Publik menggelar website seminar (webinar) menyongsong new normal life dalam penyelenggaraan pelayanan publik secara virtual, Rabu, 3/6/2020.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Padang Amasrul juga ikut ambil bagian dari sebanyak 34 Sekda se-Indonesia yang diundang mengikuti seminar online itu.

Dari ruangan Media Center Balai Kota Padang, Sekda Amasrul pun mendengarkan seminar daring yang dipandu Deputi Bidang Pelayanan Publik Kemenpan-RB Diah Natalisa itu. 

Para ahli yang jadi pembicara adalah Peneliti Senior Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) R. Siti Zuhro yang akan memaparkan pelayanan publik kedepan di era new normal. Dilanjutkan dengan pemaparan harapan masyarakat terhadap pelayanan publik di era new normal life oleh Direktur Eksekutif Apindo Danang Girindrawardhana.

Selanjutnya kepala daerah yang ikut serta menjadi narasumber yakni Wali Kota Surakarta F.X Hadi Rudyatmo dan Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas. Keduanya pun memaparkan kesiapan daerah masing-masing untuk melakukan pelayanan masyarakat menuju tatanan normal baru.

Sekda Amasrul usai kegiatan sewaktu ditemui mengungkapkan, atas nama Pemerintah Kota Padang sangat menyambut baik digelarnya webinar ini dalam rangka menyongsong penerapan New Normal Life dalam kehidupan berbangsa dan bernegara di tengah pandemi Covid-19.

"Seminar ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan, pengalaman, dan wawasan bagi semua daerah di Indonesia dalam mempersiapkan diri guna menghadapi tatanan normal baru dalam penyelenggaraan pelayanan publik ke depan. Meski kita di Kota Padang masih menjalani PSBB tahap 3 hingga 7 Juni 2020 ke depan sampai  belum memasuki era new normal, namun segala sesuatunya mesti penting dikaji dan disiapkan mulai saat ini," ujar Sekda didampingi Asisten Administrasi Umum Didi Aryadi serta Kabag Protokol dan Komunikasi Pimpinan Amrizal Rengganis di Media Center Balai Kota Padang.

Lebih lanjut disampaikannya, dalam webinar ini narasumber juga memaparkan kajian-kajian yang telah dilakukan terkait dengan penyelenggaraan pelayanan publik di masa pandemi Covid-19. Begitu juga apa saja yang harus dilakukan oleh unit penyelenggara pelayanan agar tetap maksimal dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat.

"Sementara, dari sisi pelayanan publik kita diberikan masukan terkait kendala yang ditemui selama pandemi Covid-19 serta menyelaraskan dengan harapan masyarakat.  Webinar ini juga mendorong dan memberi motivasi kita untuk tetap memberikan pelayanan publik terbaik dalam kondisi apapun," pungkas Sekda Amasrul.
 
Top