JA.com, Jakarta--Bupati Mentawai Yudas Sabaggalet yang didampingi oleh Kepala Bappeda dan Kepala Dinas Pariwisata Mentawai melakukan rapat pembahasan pengembangan pariwisata dengan pihak Kementerian Pariwisata yang dihadiri oleh Hengki sebagai Asisten Deputi Bidang Investasi dan jajarannya di Jakarta, pada Selasa (4/11).

Dalam hal ini Yudas Sabaggalet mengatakan, kehadirannya untuk menyampaikan ke Kementerian bahwa kabupaten Mentawai sudah menempatkan pembangunan pariwisata menjadi prioritas utama pembangunan." jelasnya.

Pariwisata kita tempatkan sebagai lokomotif pembangunan yang akan mendorong pertumbuhan ekonomi secara berkualitas dan berkesinambungan serta pengentasan kemiskinan dan pemberdayaan masyarakat. Untuk itu bupati berharap perhatian dan bantuan Kementerian Pariwisata dan Kementerian terkait dapat membantu.

Yudas juga Menyampaikan secara langsung, meminta presiden untuk memperhatikan Mentawai secara khusus, secara politis dua kali periode pemilihan presiden Jokowi hanya mentawai yang memenangkan Jokowi, untuk itu saya Bupati mentawai memohon kepada presiden
Jokowi juga hadir dan datang ke Mentawai agar terperhatikan secara khusus." tuturnya.

Asdep bidang investasi kementerian pariwisata dan Hengki Manurung juga menyambut program-program Pemda dan berjanji untuk memperhatikan Mentawai.

Naslindo Sirait Kepala Bappeda Mentawai menyampaikan, dalam rencana jangka panjang (RapJP) pemkab Mentawai telah meletakkan visi Mentawai sebagai pusat pengembangan maritim di wilayah barat sumatera.

Mengingat Mentawai memiliki potensi bahari yang luar biasa seperti surfing terbaik di dunia, kawasan biosfer dunia ke lima di Indonesia. Potensi perikanan dan budaya asli yang masih kuat menjadi daya tarik wisatawan mancanegara yang saat ini datang ke Mentawai." jelasnya.

Tambahnya, tentu ini perlu di kembangkan bukan dengan cara biasa, tapi harus dalam skala besar dan berstandar internasional dengan tetap menjaga daya dukung dan daya tampung akan dapat memberikan peningkatan kunjungan wisata dan pendapatan asli daerah juga perekonomian masyarakat.

Karena itu perlu kebijakan yang pro investasi oleh pemerintah pusat dan dibangun secara bersama sama baik oleh investor maupun pemerintah pusat. Pemerintah provinsi  Mendan pemkab Mentawai dengan melibatkan perguruan tinggi dan masyarakat Mentawai.

Naslindo berharap dalam periode pemerintahan Jokowi ke dua ini, pemerintah mengevaluasi destinasi wisata yang dijadikan prioritas pengembangannya secara nasional dan Mentawai kiranya bisa masuk dalam daftar priotas pengembangan pariwisata nasional mengingat potensi yang dimilikinya.

Naslindo berharap selain ini masuk dalam RPJMN tentu dukungan infrastruktur lain seperti pembangunan bandara di Siberut sudah menjadi keharusan, mengingat daerah ini layak dikembangkan jadi pusat wisata bahari dan saat ini kunjungan wisata ke Siberut sudah tinggi, tetapi belum optimal mengingat aksesnya baru dengan akses laut dan dengan adanya bandara dan KEK pariwisata di Siberut diharapkan kunjungan wisata akan berkembang." tuturnya. lilis
 
Top