JA.com, Payakumbuh (Sumatra Barat)--Pemko Payakumbuh melalui Dinas Pariwisata bekerjasama dengan Pemerintah Provinsi Sumatra Barat adakan Festival Ekonomi Kreatif 2019 dengan tajuk Marandang Festival. Kegiatan akan berlangsung pada tanggal 23 s.d. 24 November mendatang di  Medan Nan Bapaneh, Ngalau Indah.

Plt Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Kota Payakumbuh  Andriko Jumarel mengatakan, menurut rencana Marandang Festival akan diisi dengan berbagai kegiatan seperti Lomba Memasak Randang Tradisi, Pertunjukan Seni, Pameran Ekraf, Lomba Marandang Kreasi, Fashion Show Busana Muslim dan Lomba Mewarnai Tingkat SD.

"Insyaallah kegiatan ini akan diikuti oleh utusan dari Kabupaten/Kota yang ada di Sumatra Barat serta utusan 10 nagari di Payakumbuh. Mereka direncanakan ikut dalam perlombaan marandang," katanya.

Ketua TP PKK Kota Payakumbuh Ny. Henny Riza Falepi yang turut hadir dalam rapat tersebut bersama perwakilan Bundo Kanduang 10 Nagari mengatakan ajang tersebut bertujuan untuk promosi pariwisata Kota Payakumbuh. Menurutnya, Marandang Festival harus memperkuat identitas Payakumbuh sebagai daerah wisata kuliner.

"Ini kesempatan kita mempromosikan wisata kuliner Kota Payakumbuh, karena potensi utama wisata Payakumbuh adalah wisata kuliner, khususnya Randang yang menjadi branding baru kota kita," ujarnya.

Henny berharap pemerintah provinsi bisa terus membantu perkembangan wisata kuliner Payakumbuh. Pemprov Sumbar konsisten menjadikan Payakumbuh pusat wisata kuliner.

Menurut rencana, Festival Ekonomi Kreatif Marandang Festival akan dibuka secara resmi oleh Ketua TP PKK Provinsi Sumatera Barat, Ny. Nevi Irwan Prayitno, Sabtu (23/11) siang menadatang. (Farhan)
 
Top