JA.com, Payakumbuh (Sumatra Barat)--Pemko Payakumbuh melalui Dinas Pendidikan setempat, adakan Lomba Gerak Jalan Tepat Waktu tingkat SD/MTi dan SMP/MTs se Kota Payakumbuh. Lomba sengaja diadakan dalam rangka peringatan Hari Pahlawan. Acara dipusatkan di depan Kantor Pos, Pusat Kota Payakumbuh, selama dua hari 18 dan 19 November 2019.

Kepala Dinas Pendidikan Kota Payakumbuh Agustion diwakili Sekretaris Dasril mengatakan, untuk hari pertama, ada 73 Sekolah Dasar negeri dan swasta yang ikut dalam gerak jalan sehat itu. Jarak tempuh untuk siswa SD kurang lebih 5 Km dalam waktu satu jam.

"Start di depan kmKantor Pos Payakumbuh kemudian memutar di Ampera Yul, Jalan Soekarno Hatta, kawadan Koto nan Ampek, kemudian kembali lagi ke depan Kantor Pos, Jalan Sudirman, kawasan Pusat Kota Payakumbuh," kata Dasril didampingi Kabid Dikdas Tavril Samry, Senin (18/11) di Payakumbuh.

Didampingi Kasi Kurikulum Sospi Darmi, ia berharap dengan adanya kegiatan lomba tersebut, dapat meningkatkan disiplin dan kebersamaan siswa, guru, serta jajaran pendidikan.

"Selain itu juga agar meningkatkan semangat belajar siswa, dan menumbuhkan rasa nasionalisme bagi insan pendidikan di Kota Payakumbuh," kata Dasril.

Gerak Jalan tepat waktu SD ini berlangsung hingga siang dengan pemuncak SDN 25 Payakumbuh, disusul SDN 43 Payakumbuh di posisi kedua, dan SD Pius di posisi ketiga. Sementara harapan 1 sampai 3 diraih oleh SDN 47 Payakumbuh, SDN 26 Payakumbuh, dan SDN 31 Payakumbuh.

Sementara untuk SMP masih menunggu pendaftaran hingga esok hari, dengan jarak tempuh siswa SMP kurang lebih 6 Km dalam waktu satu jam.

"Start di depan Kantor Pos Payakumbuh, terus arah Koto nan Ampel, Jalan Soekarno Hatta, kemudian memutar didepan Kantor Polisi Militer, dan kembali lagi ke depan Kantor Pos, Pusat Kota Payakumbuh," tutup Sospi Darma. (Farhan)
 
Top