JA.com, Pasaman Barat (Sumatra Barat)--Setelah melepas keberangkatan Jemaah Calon Haji (JCH) Pasaman Barat (Pasbar) di halaman Kantor Bupati Pasbar, Senin (6/6-2022) siang, Wakil Bupati Risnawanto ikut serta menghantarkan JCH hingga asrama haji Kota Padang. Rangkaian kegiatanpun berlanjut dengan malam pelepasan Para Tamu Allah Sumatra Barat Kelompok Terbang IV di Aula Asrama Haji Padang, Senin (6/6-2022),kemarin malam.

"Kepada para jemaah agar dapat menjaga kesehatan selama menjalankan ibadah ditanah suci. Sesuai harapan semua masyarakat Pasbar, kami berdoa semoga sepulang dari tanah suci semua jemaah menjadi haji yang mabrur dan bermaslahah bagi keluarga, masyarakat bangsa dan agama," kata Wabup.

Kakanwil Kemenag Sumbar diwakili Kepala Bagian Tata Usaha Hj Miswan, M. Pd mengatakan ada beberapa harapan yang ia sampaikan kepada jemaah Kloter IV diantaranya ikhlas dan ikhtiar dalam menjalankan ibadah, menjaga kesehatan, menaati peraturan yang ada serta menaati para petugas dan pembimbing.

"Ada beberapa hal yang kita pesankan dan harus laksanakan bagi calon haji di tanah suci. Pertama, ikhlas dalam menjalankan ibadah, ikhtiar dan usaha maksimal istiqomah dalam ibadah. Kedua, jemaah harus menjaga kesehatan yang menjadi modal penting setiap prosesi ibadah haji. Ketiga jemaah diharapkan menaati peraturan, petugas dan pembimbing. Serta, menjaga nama baik diri, keluarga, dan negara," kata Miswan.

Ia menjelaskan pentingnya menjaga kesehatan karena suhu di Madinah pada hari ini yaitu 45 derajat celcius. Untuk itu, jemaah diminta waspada dalam hal kesehatan.

Sementara itu, Petugas Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi / Debarkasi Padang Drs H. Maharuddin MH melaporkan, jumlah jemaah haji 1443 H tahun 2022 M adalah sebanyak 2881 orang. Kloter IV diberangkatkan dari Bandara Internasional Minangkabau (BIM) menuju Bandar Udara Madinah pada Selasa 7 Juni dengan pesawat Garuda Indonesia.

"Jumlah jemaah Sumbar Kloter IV meliputi Kabupaten Pasaman Barat, Kabupaten Pasaman, Kabupaten Solok dan Padang sebanyak 393 orang dengan rincian 167 orang laki-laki dan 226 jemaah wanita. Jemaah termuda bernama Hanif wirayuda (20) dan jemaah tertua Kloter IV bernama Ernisda Abubakar (64). Jumlah jemaah hingga Kloter III sebanyak 1177 orang jemaah," simpul Maharuddin. (WZ-MG)
 
Top