JA.com, Pasaman Barat (Sumatra Barat)--Dalam rangka memperingati Hari Donor Darah Sedunia (World Blood Donor Day) yang jatuh pada 14 Juni 2022, Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Pasaman Barat (Pasbar) mengelar aksi donor darah sekaligus penyerahan penghargaan kepada relawan donor darah, pada Senin (13/6-2022) di depan Kantor Bupati Pasaman Barat.

Ketua PMI Pasaman Barat, Risnawanto pada momentum Hari Donor Darah Sedunia,  mengajak masyarakat untuk membantu sesama dalam melakukan donor darah.

Seiring dengan itu, sambutan Ketua Umum PMI Pusat M. Jusuf Kalla yang disampaikan Ketua PMI Pasbar Risnawanto mengungkapkan, merujuk pada slogan peringatan Hari Donor Darah Sedunia tahun 2022 "Mendonorkan darah adalah suatu tindakan solidaritas, bergabunglah dan selamatkan nyawa". Melalui slogan tersebut, PMI sangat mengapresiasi peran masyarakat sebagai penyedia darah yang berkelanjutan.

"Belajar dari pengalaman saat Pandemi Covid-19 lalu, sampai sekarang sudah ke arah transisi
Pandemi, kesetiaan para pendonor darah dalam mempertahankan kesehatannya agar mampu memberikan darah yang sehat, yang teruji sangat mendukung stok darah secara nasional," ucap Risnawanto.

Para pendonor darah sukarela, lanjutnya sebagai bagian dari penyebaran nilai aksi kemanusiaan sekaligus nilai-nilai palang merah untuk terus membantu sesama tanpa membedakan suku, bangsa, agama, dan ras.

PMI juga mengajak semua komponen masyarakat, khususnya kaum muda kaum milenial, untuk menjadi pelopor Donor Darah Sukarela (DDS). Ia juga mengajak segenap jajaran Pengurus Kabupaten dan Kepala UDD PMI agar terus berkomitmen dalam memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat.

"Kebutuhan stok darah kita harus selalu kita penuhi. Hari Donor Darah Sedunia dan Bulan Bakti ini sebagai pengingat untuk terus mensosialisasikan hingga tingkat nagari. Bukan hanya sosialisasi, peningkatan pelayanan juga telah kita lakukan dibeberapa unit pelayanan kesehatan," tegas Risnawanto.

Wabup Risnawanto bersama Sekretaris Daerah Pasbar Hendra Putra, Kepala OPD dan stakeholder terkait menyerahkan piagam penghargaan kepada perwakilan relawan donor darah yang telah melaksanakan donor darah sebanyak 10 kali dan 25 kali. Piagam penghargaan juga diberikan kepada relawan donor darah milenial.

Selain itu, FIFGroup sebagai sponsor utama kegiatan, menyerahkan 2 unit Portable Folding Bed kepada PMI yang diterima langsung oleh Ketua PMI Pasbar. Bukan hanya Portable Folding Bed, FIFGroup juga memberikan hadiah berupa setrika, kompor gas, dispenser, mesin cuci serta makanan nutrisi bagi pendonor. Sedangkan beberapa OPD terkait juga memberikan hadiah lainnya. (WZ)
 
Top