JA.com, Tanah Datar, (Sumatra Barat)--Wakil Gubernur Sumatera Barat Audy Joinaldy buka MTQ Nasional ke 41 Tingkat Kabupaten Tanah Datar di Lapangan Bola Kaki Nagari Saruaso, Senin (20/6-2022).

Wagub Audy Joinaldy mengatakan, ajang MTQ ini bertujuan untuk mensyiarkan agama Islam dengan Al Quran, namun secara pribadi banyak yang menjadikan MTQ sebagai ajang motivasi, meningkatkan pemahaman, penghayatan dan pengamalan isi kandungan Al Quran.

“Sudah saatnya umat Islam mau dan bisa memetik makna dari pelaksanaan MTQ yang ke 41 ini, oleh karena itu kami menyambut baik dan mengapresiasi pelaksanaan MTQ kali ini untuk dijadikan sebagai momentum kebangkitan umat, serta untuk menjadikan umat Islam di Tanah Datar sebagai masyarakat yang qurani guna mewujudkan kabupaten Tanah Datar sebagai model negeri maju dan makmur di Indonesia,” ujar Wagub.

Lebih jauh disampaikan Wagub, bahwa MTQ Nasional ke 41 tingkat kabupaten Tanah Datar ini juga bisa dijadikan sebagai ajang seleksi pada MTQ nasional yang akan dilaksanakan di provinsi Kalimantan Selatan.

“Semoga dari sini akan lahir para qori dan qoriah terbaik yang akan mewakili provinsi Sumatera Barat, tentunya ini akan menjadi kebanggaan tersendiri bagi kabupaten Tanah Datar. Untuk itu mari kita berkompetisi dengan baik, berkompetisi dengan sehat, jadikan ini pemacu dan motivasi untuk menjadi lebih baik dan selalu berbuat yang terbaik untuk kabupaten Tanah Datar,” pesan Wagub.

Wagub Audy memgapresiasi atas keberhasilan Bupati dan Wakil Bupati Tanah Datar yang telah berhasil membuat berbagai inovasi dibeberapa bidang untuk kemajuan pembangunan di kabupaten Tanah Datar.

Sementara Bupati Tanah Datar Eka Putra menyampaikan bahwa pelaksanaan MTQ ini adalah yang pertama buat dirinya bersama bapak Wabup semenjak menjabat sebagai pasangan Bupati dan Wakil Bupati Tanah Datar. Dikatakannya, ini juga sejalan dengan program unggulan pemerintah kabupaten Tanah Datar, yakni program Satu Rumah Satu Hafizh.

“Dengan dilaksanakannya MTQ Nasional yang ke 41 ini, kami bertekad untuk bisa meraih sukses baik dalam pelaksanaannya maupun hasilnya. Karena kami meyakini al quran merupakan sumber ilmu pengetahuan yang tak habis-habisnya untuk dikaji dan dipelajari, untuk itu kajian-kajian Al Quran perlu digiatkan dilingkungan masyarakat kita,” ujar Eka Putra.

Dikatakan Eka Putra, ditengah gencarnya arus globalisasi dan pergeseran sistem nilai dan perilaku saat ini, maka nilai-nilai Islam dan kandungan Al Quran harus dijadikan sebagai rujukan utama, baik dilingkungan keluarga, sosial maupun didalam tatanan hidup berbangsa dan bernegara.

“Demi kelancaran MTQ ini, Saya minta kepada panitia untuk betul-betul dapat melaksanakannya dengan sebaik-baiknya dan penuh rasa tanggungjawab. Mari kita jadikan MTQ tingkat kabupaten kali ini untuk menggali semua potensi yang ada pada generasi muda, bukan sekedar untuk mengejar prestasi semata. Perlu juga kita berkomitmen untuk melaksanakan sesuai dengan mekanisme atau tata tertib yang telah ditetapkan,” tambahnya lagi.

Kepada dewan hakim yang baru saja dikukuhkan, Bupati Eka Putra juga berharap sangat didalam menjalankan tugasnya dapat melakukan penilaian yang objektif, sesuai dengan ketentuan yang telah ditetapkan.

Dilain pihak Wakil Bupati Tanah Datar selaku ketua LPTQ kabupaten Tanah Datar dalam laporannya, mengapresiasi para donatur dan panitia serta pengurus LPTQ kecamatan dan nagari atas terselenggaranya MTQ Nasional ke 41 tingkat kabupaten Tanah Datar di kecamatan Tanjung Emas ini.

Disampaikannya, pada MTQ Nasional ke 41 yang akan digelar dari tanggal 20-24 Juni 2022 ini akan dilombakan sebanyak 31 cabang lomba dan golongan, dengan peserta sebanyak 850 orang kafilah dari 14 kecamatan se Tanah Datar
Diakhir penyampaiannya Wabup mengatakan hasil MTQ tingkat kecamatan ini nantinya akan menjadi cikal bakal kafilah Tanah Datar untuk tingkat provinsi Sumatera Barat.

“Kita berharap dari sini akan muncul kafilah terbaik Tanah Datar untuk MTQ tingkat provinsi Sumatera Batar, sehingga pada MTQ Nasional tingkat provinsi mendatang Tanah Datar mampu kembali meraih juara umum,” pungkasnya. (MG)
 
Top