JA.com, Pasaman Barat (Sumatra Barat)--
Wakil Bupati Pasaman Barat Risnawanto membuka secara resmi Pentas Seni Budaya 2022 di lapangan MTQ Padang Tujuh, Kecamatan Pasaman, Minggu (12/6-2022).

Risnawanto mengatakan Pasaman Barat terkenal dengan kreativitas, seni budaya serta kulinernya. Semakin hari semakin berkembang, baik disegi ekonomi, budaya, serta pertumbuhan penduduknya. Dalam menyikapi perkembangan ini, banyak hal yang harus dipersiapkan terutama di bidang UMKM. Kekayaan etnis Pasbar harus dibina dan diharmonisasikan dengan baik.

"Tugas kita memberi peluang generasi muda dalam berkreasi baik dalam bidang seni, olahraga maupun ekonomi. Tentunya, zona ini menampung minat bakat para pemuda. Ini kita bina dan kita tampilkan secara kontinu, fasilitas sudah kita sediakan," kata Risnawanto.

Untuk itu, ia mengucapkan terimakasih kepada OPD dan seluruh pihak terlibat yang telah menginisiasi kegiatan pentas seni budaya 2022. Ia berharap nantinya ada kerjasama OPD terkait dengan para pemuda dan keikutsertaan masyarakat diseluruh elemen.

"Kami atas nama Pemda mengucapkan terimakasih kepada OPD dan semua yang terlibat yang telah menginisiator pentas seni budaya ini sehingga dapat kita laksanakan dengan baik di Kabupaten Pasbar hari ini," katanya.

Dikatakan, kerjasama tersebut juga merupakan zona terpadu dalam satu area. Bergabungnya Dispora nantinya akan melengkapi segala aspek yang dibutuhkan. Ada pentas budaya, zona olahraga, ekonomi kreatif dan juga stand UMKM yang disediakan.

Kabid Objek, Daya Tarik dan Atraksi Dinas Pariwisata Pasbar Desyarti menyampaikan,
penyelenggaraan Pentas Seni Budaya tersebut bertujuan untuk memberikan ruang bagi pelaku seni dan budaya dalam mengembangkan UMKM dan ekonomi kreatif Pasbar serta melestarikan nilai-nilai seni dan budaya di Pasbar.

Desyarti menambahkan Tema dari kegiatan Pentas Seni Budaya ini adalah "Kreasi dan Inovasi (KDI)". Kegiatan pentas seni akan diadakan setiap Sabtu dan Minggu yang dimulai pukul 16.00 WIB.

"Dalam kegiatan ini Dinas Pariwisata telah menggandeng beberapa OPD diantaranya Dinas Perindag, Dinas Kominfo, Dinas Lingkungan Hidup, Dinas Perhubungan, Satpol PP, Damkar, serta Bagian Umum dan Perlengkapan Setda Pasbar. Setiap hari Minggu akan diadakan senam kreasi dan zumba yang dipandu instruktur dari IOSKI dan ASIAFI Pasbar," kata Desyarti.

Lebih lanjut, tempat kegiatan dilengkapi sarana WIFI gratis oleh Diskominfo Pasbar. Adanya sarana WIFI gratis diharapkan akan meningkatkan daya tarik masyarakat dan kaum muda untuk berkunjung sehingga mampu mendongkrak pendapatan dari para pelaku usaha dan pedagang yang ada dilokasi. (WZ)
 
Top