JA.com, Tanah Datar (Sumatra Barat)--Bupati Tanah Datar Eka Putra terjun langsung meninjau bencana angin Puting Beliung disertai hujang lebat di Nagari Atar Kecamatan Padang Ganting, Senin (13/6-2022), sore. Hal itu berawal dari laporan Camat Padang Ganting Ronal Satria bahwa telah terjadi bencana angin puting beliung diwilayahnya.

Bupati Eka Putra mengatakan, akibat Puting Beliung diserta Hujan lebat di Nagari Atar,  Jorong Lareh Nan Panjang mengakibat pohon tumbang menimpa rumah warga dan rumpun bambu yang menutupi badan jalan, sehinga akses jalan Provinsi Batusangkar-Sijunjung via Atar terputus.

“Saat ini dalam kondisi masih diguyur hujan kami turun langsung meninjau lokasi, petugas BPBD, TNI, Polri, Satpol PP, PUPR dibantu Satgas Nagari berjibaku membersihkan material yang menutupi badan jalan, agar bisa segera dilalui kendaraan,” ujarnya.

Bupati juga minta OPD terkait dan pemerintahan nagari untuk segera mendata rumah yang terdampak dan tanaman seperti padi yang rusak, tanaman perkebunan yang terdampak dan sejenisnya sehingga bisa segera diatasi.

“Dengan kondisi cuaca yang saat ini terkadang panas, dan juga hujan disertai angin kencang saya himbau masyarakat untuk tetap meningkatkan kewaspadaan karena sewaktu-waktu bencana bisa saja terjadi,” pungkasnya. (MG)
 
Top