JA.com, Tanah Datar (Sumatra Barat)--Pemerintah Daerah Tanah Datar setelah mendapatkan informasi terjadinya beberapa kasus Penyakit Kaki dan Mulut (PKM) beberapa Kabupaten di Jawa Timur dan Kabupaten Aceh Tamiang Provinsi Aceh, langsung bergerak cepat dengan melakukan Rapat Koordinasi (Rakor) dengan pihak terkait.

"Setelah terjadi kasus PMK pertama di Tanah Datar 16 Mei 2022, Pemkab dipimpin Bupati langsung melaksanakan Rakor menghadirkan pimpinan DPRD Tanah Datar, Forum Komunikasi Pimpinan Daerah, Camat se Tanah Datar, asosiasi pedagang dan peternak, serta instansi terkait dan menghasilkan keputusan menutup pasar ternak Batusangkar selama  14 hari, kemudian terbitkan Surat Edaran Bupati tentang PMK," sampai Wakil Bupati Richi Aprian, Kamis (16/6/2022) di aula Eksekutif kantor Bupati Tanah Datar saat menerima kunjungan kerja Komisi II DPRD Provinsi Sumbar.

Dikatakannya, dalam mengatasi dan memutus perkembangan PMK itu juga dilaksanakan pengawasan terhadap lalu lintas hewan terutama sapi di pintu masuk ke Tanah Datar sampai dengan penyemprotan disinfektan.

"Ada beberapa kebutuhan yang diperlukan untuk penanggulangan kasus PMK di lapangan adalah pengadaan obat-obatan, pengadaan disinfektan,dan kebutuhan sarana prasarana dan SDM," ujarnya.

Lebih lanjut, ketersediaan hewan kurban di Tanah Datar relatif mencukupi. "Ternak sapi khusus untuk hari raya Qurban sudah dibeli para konsumen jauh sebelum PMK merebak, dan dirawat masyarakat sampai hari raya Esok. Jadi stok sapi aman, mungkin yang diperlukan nantinya adalah menutupi kekurangan sekiranya ada yang membutuhkan lebih," tukasnya.

Sementara itu Wakil Ketua DPRD Sumbar Suwirpen Suib hadir bersama Ketua Komisi II DPRD Sumbar Mukhlasin, Sekretaris Komisi Jefri Masrul, Arkadius Dt. Intan Bano, Sekretaris Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi Sumbar Sukardi mengatakan, kunjungannya bersama tim untuk mengetahui perkembangan PMK dan ketersediaan hewan kurban di Tanah Datar.

"Alhamdulillah, di tengah kesibukan Wabup menyambut rombongan kami. Dan kami juga menyampaikan apresiasi, karena apa yang ingin kami ketahui terjawab dari paparan yang disampaikan," katanya.

Dikatakan Suwirpen, apa yang diperoleh dari kunjungan di Tanah Datar bakal di bawa dan disampaikan ke kunjungan daerah lain. "Hasil kunjungan ini akan kami bawa dan sampaikan kunjungan selanjutnya ke daerah lain, karena memang masih banyak peternak dan masyarakat yang belum mengetahui PMK," katanya.

Turut hadir Plt. Kadis Pertanian Sri Mulyani, Kabid Peternakan Varia Marvis, Sekretaris Dinas Perhubungan dan beberapa OPD terkait lainnya. (MG)
 
Top