JA.com, Tanah Datar (Sumatra Barat)--Pemerintah Tanah Datar berupaya menciptakan Sumber Daya Manusia (SDM) yang mampu beradaptasi dengan teknologi saat ini. Salah satunya, melalui program Pelatihan Digital Entrepreneurship Academy (DEA) bagi pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) sehingga meningkatkan kompetensi dasar kewirausahaan digital.

“Terima kasih kepada BBPSDMP Kominfo Medan karena telah mengelar pelatihan DEA di Tanah Datar ini. Tentu ini mendukung terwujudnya para pelaku UMKM yang mampu memanfaatkan teknologi dalam mengembangkan usahanya,” ujar Bupati Eka Putra, SE. MM saat menjadi Keynote Speaker di acara itu, Emersia Hotel and Resort, Batusangkar, Selasa (7/6/2022).

Bupati Eka mengatakan pemerintah saat ini tengah melakukan akselerasi transformasi digital melalui empat sektor strategis, yakni infrastruktur digital, ekonomi digital, pemerintah digital dan masyarakat digital.

Bupati Eka pun berharap peserta pelatihan DEA sebanyak 120 orang, serius mengikuti seluruh rangkaian acara yang berlangsung dari tanggal 7 s/d 8 Juni 2022 ini. Untuk nantinya, dapat di praktekan oleh para pelaku UMKM dalam meningkatkan daya saing daerah.

“Kegiatan ini mampu memberikan lompatan besar dan peluang baru bagi pelaku UMKM, terutama dalam meningkatkan pengetahuan dan keterampilan digital. Maka dari itu ikutilah pelatihan dengan serius,” ujar Bupati Eka.

Sementara itu, Kepala BBPSDMP Kominfo Medan diwakili Sub. Koordinator Umum Parluhutan Siregar, S.Sos mengatakan  DEA  merupakan salah satu dari tema pelatihan DTS, guna meningkatkan kompetensi dasar kewirausahaan digital.

“Kegiatan ini bagian  implementasi Nota Kesepakatan (NK) akselerasi program DTS 2022 melalui sinergitas pengembangan SDM Digital antara Badan Litbang SDM Kemkominfo dengan tujuh pemerintah Kabupaten/Kota. Dan kabupaten Tanah Datar salah satu yang mendapat kuota DTS,” ujar Parluhutan.

Ia menambahkan melalui pelatihan DEA akan menjadi wadah komunikasi, interaksi, dan implementasi kerja digital sehingga mampu memberikan kontribusi positif serta peningkatan kualitas sinergi dalam pembangunan ekonomi, teknologi digital dan kewirausahaan digital di Tanah Datar pada khususnya.

“Kegiatan ini sangat penting, tujuannya jelas untuk meningkatan kualitas SDM di bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK), guna menjawab semakin ketatnya persaingan global, kecanggihan teknologi tidak bisa dinegosiasikan dalam kehidupan masyarakat, khususnya dalam dunia industri,” ujar Parluhutan yang saat itu juga dihadiri Kepala Dinas Koperindag Tanah Datar Hendra Setiawan dan Plt. Sekretaris Kominfo Tanah Datar Roza Melfita. (MG)
 
Top