JA.com, Limapuluh Kota (SumatraBarat)--Bupati Limapuluh Kota Safaruddin Datuk Bandaro Rajo mendukung penuh pelaksanaan "Operasi Patuh Singgalang 2022 oleh Kepolisian Daerah Sumatra Barat.

Bupati Safaruddin menyebutkan, jajaran Pemerintah Kabupaten Limapuluh Kota sebagai salah satu institusi komponen pendukung siap membantu kelancaran "Operasi Patuh Singgalang 2022".

Dukatakan, pihaknya optimis “Operasi Patuh Singgalang" yang digelar selama 14 hari terhitung mulai  tanggal 13 Juni sampai dengan 26 Juni 2022 wilayah hukum Polda Sumatera Barat, akan berjalan maksimal.

"Pemerintah Kabupaten Limapuluh Kota mendukung penuh Operasi Patuh Singgalang 2022. Kepada masyarakat kami himbau mari kita patuhi segala aturan dalam berlalu lintas di jalan sehingga kita bisa terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan," ujar Bupati Safaruddin saat menghadiri langsung  gelar pasukan Kepolisian Resor Limapuluh Kota, di Lapangan Polres Limapuluh Kota, Senin (13/06/2022) kawasan Ketinggian, Sarilamak, Harau.

Ia, mengapresiasi pelaksanaan gelar pasukan sebagai bentuk kesiapan Polres Limapuluh untuk melaksanakan "Operasi Patuh Singgalang 2022" di Kabupaten Limapuluh Kota.

Bupati Safaruddin menaruh harapan agar maayarakat menjadi patuh lalu lintas sebagai budaya dalam keseharian. Budaya tertib berlalu lintas, bahkan telah dimulai sebelum menjalankan kendaraan. Seperti  tersedianya surat - surat kendaraan, surat izin mengemudi, perlengkapan keamanan semisal helm.

"Melalui cara ini akan tercipta kenyamanan dan  rasa aman antar pengguna jalan, apakah itu pejalan kaki atau pengendara kendaraan bermotor," kata Bupati Safaruddin.

Bertindak selaku Inspektur Upacara Kapolres Limapuluh Kota AKBP Trisno Eko Santoso. Gelar pasukan selain diikuti oleh seluruh pejabat struktural dan satuan Polres Limapuluh Kota juga diikuti oleh komponen pendukung "Operasi Patuh Singgalang 2022, antara lain unsur TNI, unsur perangkat daerah Pemkab Limapuluh Kota seperti Dinas Perhubungan, Satuan Polisi Pamong Praja   serta Badan Pengendalian Bencana Daerah.

Kapolres Tisno Eko Santoso dalam amanatnya mengatakan "Operasi Patuh Singgalang 2022" bertujuan menekan angka kecelakaan lalu lintas, fatalitas dan meningkatkan disiplin masyarakat dalam berlalu lintas di jalan raya. Karenanya, dia berharap melalui pelaksanaan kegiatan ini bisa terwujudnya keamanan dan ketertiban , tegaknya hukum serta ketenteraman di masyarakat terutama di bidang lalu lintas. Untuk mendukung hal itu, pihaknya meminta kepada jajaran Polres Limapuluh Kota agar melakukan deteksi dini, penyelidikan dan pemetaan terhadap lokasi/tempat yang berpotensi terjadinya pelanggaran, kecelakaan dan kemacetan lalu lintas.

"Salah satu faktor kunci suksesnya "Operasi Patuh Singgalang 2022", kata Kapolres Limapuluh Kota, adalah semakin meningkatnya pemahaman masyarakat tentang arti penting keselamatan di jalan yang dicerminkan dengan  pelaksanaan disiplin berlalu lintas. "Laksanakan pembinaan dan penyuluhan kepada semua masyarakat tentang pentingnya keamanan, keselematan, ketertiban dan kelancaran lalu lintas," demikian Kapolres AKBP Trisno Eko Santoso. (MG)
 
Top