JA.com, Tanah Datar (Sumatra Barat)--Sedikitnya, 110 Calon Jemaah Haji Kabupaten Tanah Datar yang diberangkatkan 1443 Hijriah/2022 Masehi tergabung Kelompok Terbang (Kloter) II Embarkasi Haji Padang, turut dihantarkan Wakil Bupati (Wabup) Richi Aprian, Minggu (5/6/2022), kemarin ke Bandara Internasional (BIM).

CJH Tanah Datar bersama 281 lainnya bertolak pukul 14.30 WIB diperkirakan sampai di Bandara Pangeran Muhammad bin Abdullah Madinah sekitar pukul 23 WIB atau 19.00 Waktu Madinah.

Wabup Richi Aprian mengatakan, keberangkatan CJH Tanah Datar ke Tanah Suci Makkah diharapkan meluruskan niatnya benar-benar untuk beribadah meningkatkan keimanan kepada Allah SWT.

"Godaan disekitaran Makkah ataupun Madinah sangatlah kuat, terutama godaan untuk shoping atau belanja oleh-oleh. Saya harap singkirkan dulu keinginan itu, fokuslah beribadah kepada Allah SWT. Karena Bapak dan Ibu merupakan orang beruntung dari ribuan orang lainnya yang ingin melaksanakan ibadah haji ini, semoga sepulang nanti menjadi haji dan hajah yang mabrur," sampainya.

Kepada CJH, Wabup Richi mengingatkan agar tidak lupa untuk menjaga kesehatan dan kondisi fisik dalam keadaan fit serta selalu mengikuti arahan pimpinan rombongan.

"Tetap menyatu, jangan memisahkan diri dan laksanakan arahan pimpinan rombongan. Sekiranya kesehatan dirasakan kurang fit atau sakit segera melaporkan sehingga bisa diambil langkah pengobatan, sehingga perjalanan jamaah selama 40 hari berjalan aman dan lancar," harap Richi.

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kakanwil Kemenag) Sumatra Barat (Sumbar) diwakili Kabid PHU Joben yang turut mengantarkan CJH Sumbar mengatakan, Kloter II Embakarsi Padang berasal jamaah dari Bukittinggi, Padang, Padang Pariaman dan Tanah Datar.

"Sedianya jamaah akan diberangkatkan 393 orang, namun seorang jamaah asal Tanah Datar meninggal dunia menjelang keberangkatan dan seorang lagi jamaah asal Padang Pariaman tidak bisa cuti karena masih berstatus CPNS, sehingga total 391 jamaah yang berangkat hari ini," sampainya.

Sementara itu, Kasubdit Pengelolaan Keuangan Dana Operasional Ditjen PHU, Suratman menyampaikan apresiasi kepada Kanwil Kemenag beserta stakeholder terkait atas kesuksesan dalam memberangkatkan jemaah haji.

"Alhamdulillah proses pemberangkatan jemaah haji Sumbar berjalan lancar. Jemaah terlayani dengan baik, sehingga tidak ada jemaah yang komplain dan tidak ada masalah," ungkapnya. (MG)
 
Top