JA.com, Tanah Datar (Sumatra Barat)--Pemkab Tanah Datar berkomitmen melakukan berbagai kebijakan dan upaya dalam penurunan angka kemiskinan, dan berkat kerjasama semua pihak angka kemiskinan semakin menurun setiap tahunnya.

Bupati diwakili Sekda Irwandi pada pembukaan Rapat Koordinasi Penanggulangan Kemiskinan Kabupaten Tanah Datar Tahun 2020 di Aula Eksekutif, Kamis (12/11/2020) secara virtual dengan seluruh SKPD, Camat dan Wali Nagari, serta dihadiri Ketua Baznas Yasmansyah, Staf Ahli Bupati Bidang Polhum dan Pemerintahan Nuryeddisman, Asisten Ekobang Edisusanto dan undangan lainnya menyebutkan, satu langkah Pemkab dalam menanggulangi kemiskinan dengan membentuk Tim Koordinasi Penanggulangan Kemiskinan (TKPK).

“Menurut data BPS tahun 2019, dari 348.219 jiwa ada 16.200 jiwa penduduk miskin dengan presentase 4,66% dengan indeks kedalaman kemiskinan 0,42 dan indeks keparahan kemiskinan 0,06. Dibandingkan tahun 2018 penduduk miskin 18.483 jiwa,” kata Irwandi.

Dikatakan, ada beberapa sasaran dan program yang harus diperhatikan, seperti menyempurnakan program perlindungan sosial, meningkatkan akses rumah tangga miskin terhadap pelayanan dasar, pemberdayaan masyarakat dan pertumbuhan ekonomi yang berkualitas.

Sebelumnya, Sekretaris Baperlitbang Audia Safitri selaku panitia pelaksana menyampaikan, pembentukan Tim Koordinasi Penanggulangan Kemiskinan (TKPK) berdasarkan Perpres Nomor 15 Tahun 2010, Permendagri Nomor 42 Tahun 2010, Permendagri Nomor 53 Tahun 2020 dan SK Bupati Tanah Datar nomor 050/164/Baperlitbang-200.

“Rapat koordinasi ini dilaksanakan dengan tujuan mengurangi beban masyarakat miskin, meningkatkan sinergi kebijakan dan program penanggulangan kemiskinan, meningkatkan kemampuan dan pendapatan masyarakat miskin serta mengembangkan dan menjamin keberlanjutan usaha mikro dan kecil,” katanya.

Kegiatan dilanjutkan sesi tanya jawab dan diskusi yang dimoderatori Asisten Ekobang Edisusanto dengan seluruh peserta yang hadir di aula eksekutif dan melalui virtual melalui zoom meeting. (MG)
 
Top