JA.com, Tanah Datar (Sumatra Barat)--
Pjs. Bupati Tanah Datar diwakili Asisten Pemerintahan dan Kesra Suhermen dalam eksposnya di hadapan tim penilai kompetensi dan transparansi pelaksanaan dana desa dan pembina terbaik tahun 2020 Tingkat Provinsi Sumatera Barat, dilaksanakan di gedung Indo jolito, Batusangkar, Rabu (18/11) mengatakan, pihaknya terus berupaya mewujudkan transparansi penggunaan dana desa dengan melakukan pembinaan ke nagari-nagari.

"Berdasarkan Peraturan Bupati dan Surat Edaran terkait penanggulangan Covid-19 di nagari, beberapa regulasi telah dilakukan di antaranya pemberian bantuan langsung tunai (BLT), gerakan setengah miliar masker," kata Suhermen, Rabu (18/11) di Batusangkar.

Disampaikan, sehubungan dengan nagari yang mewakili Tanah Datar tahun 2020 yakni nagari Kumango Kecamatan Sungai Tarab, telah melakukan program kegiatan inovasi di antaranya sistem pelayanan antar jemput ke rumah masyarakat kumango (silat kumango), bank sampah dan kegiatan inovasi anak nagari.

“Dalam bentuk pengawasan, pemerintah telah melakukan kinerja antara lain pengawasan secara berkala oleh Inspektorat, melakukan monitoring evaluasi pelaksanaan dan pengelolaan keuangan Nagari,” sampai Suhermen.

Sementara itu, Ketua Tim Penillai Azwar mengatakan, apa yang disampaikan Bupati dalam ekposenya telah menjadi pertimbangan tim penilai untuk memberikan gambaran pada penilaian kompetensi transparansi pelaksanaan dana desa dan pembina terbaik tahun 2020 yang akan bersaing pada kabupaten/kota lainnya di Sumatera Barat.

“Kami menilai kebijakan Kepala Daerah yang telah dijelaskan Bupati dalam eksposnya, kebijakan tersebut menyangkut pada pengelolaan serta mengendalikan dana desa untuk mencapai desa sejahtera dan mandiri. Pelaksanaan pun nantinya kami nilai dengan turun langsung ke Nagari yang telah ditunjuk,” jelas Azwar yang juga Kabid PDN Dinas PMD Sumbar ini.

Usai ekspos Bupati, rombongan melakukan kunjungan lapangan ke nagari Kumango Kecamatan Sungai Tarab untuk melihat langsung program yang di lakukan nagari tersebut.

Turut hadir pada acara tersebut Pimpinan OPD terkait, Camat Sungai Tarab dan Forkopimca, Wali Nagari dan Tamu undangan lainnya. (MG)
 
Top