JA.com, Tanah Datar (Sumatra Barat)--Bupati Tanah Datar yang diwakili Kepala Dinas Koperindag Darfizal, membuka secara resmi pelatihan pelaksanaan usaha simpan pinjam koperasi pembiayaan syariah bagi pengurus dan pengawas koperasi se Kabupaten Tanah Datar, Senin (09/11) di Aula Hotel Pagaruyung Batusangkar.

Ia menyampaikan, jumlah koperasi 225 unit, 115 unit merupak koperasi aktif, "Saat ini di Kabupaten Tanah Datar jumlah koperasi hingga Desember 2019 sebanyak 225 unit, 115 unit yang dengan status aktif, itu sesuai data ODS (online data system) dengan total modal Rp348.383.000.000 dan total SHU mencapai Rp19.586.000.000. Dari data itu koperasi dapat diandalkan potensinya sebagai salah satu penggerak pertumbuhan ekononi, bila pinjaman yang diberikan dapat dialokasikan untuk kegiatan-kegiatan yang produktif bukan konsumtif,” kata Darfizal

Lebih lanjut, dari jumlah koperasi yang ada saat ini, 110 koperasi sudah dikategorikan tidak aktif, salah satu indikatornya sesuai Peraturan Menteri Koperasi dan UKM Nomor 9 Tahun 2018 adalah koperasi tersebut sudah tidak melaksanakan RAT selama 3 tahun berturut-turut. Hal ini didominasi oleh koperasi nagari yang terbentuk dari dana kredit mikro nagari yang ada sekitar 73 koperasi dan KUD yang sebahagian besar sudah tidak aktif semenjak awal tahun 2000-an.

Senada, Ketua Dekopinda Kabupaten Tanah Datar Nasfizar Guspendri, SE, M.Si menyebut, Dekopinda sangat mendukung kegiatan pelatihan tersebut, karena tidak hanya di tingkat kabupaten namun sudah ditingkat provinsi diharapkan tahun 2021 seluruh koperasi yang ada di Sumatera Barat sudah berkonversi dari konvensional ke syariah.

"Diharapkan tahun depan koperasi yang belum syariah pada saat rapat anggota sudah bertransformasi ke pola syariah, walau belum ada perubahan AD/ART, sebagaimana yang tertuang dalam Peraturan Menteri Koperasi dan UKM Nomor 11 Tahun 2017, "ucapnya.

Untuk peserta dikatakannya sebanyak 30 orang dari 17 koperasi di Tanah Datar, seperti KPN Dinas Kesehatan, KPN RSUD Ali Hanafiah Batusangkar, KPN Tuah Sepakat, KPN Kemenag Tanah Datar, KPN Penyuluh Pertanian, KPN Rangkiang Ameh Dinas Peternakan, KPN Pengadilan Agama Batusangkar, KPN Karpend Batipuh, KPN SMAN 1 Sungai Tarab, KPN Melati SMKN 1 Batusangkar, KPN Dikbud Tanah Datar, KPN Karpend Padang Ganting, KPN SMAN 1 Rambatan, Kopontren Merah Biru Nurul Ikhlas, KPN Guru Agama Batipuh, KPN APK Salimpaung dan KPN Dinas PU Tanah Datar. (MG)
 
Top