JA.com, Mentawai (Sumatera Barat) --Pembukaan Jambore Cabang II Tahun 2019 Resmi dibuka oleh Sekretaris Kwartir Daerah (Kwarda) Sumatera Barat Amril Amri di Kawasan Desa Wisata, dusun Mapaddegat, Desa Tuapejat, Mentawai. Selasa, (05/11/19).

Amril menyebutkan, bahwa Pramuka Sejati adalah berjiwa Nasionalisme. Pasalnya, Jambore Pramuka merupakan sebuah ajang untuk menjalin Persatuan dan Kesatuan Masyarakat di seluruh Indonesia.

“Satu-satunya Organisasi yang dapat mendidik karakter bermasyarakat yang sangat Independen itu adalah Pramuka Indonesia, secara Nasional, ”tuturnya.

Selanjutnya, itu dapat kita lihat melalui Ivent-iven Gerakan Pramuka selama ini,  karena setiap anggota Pramuka tidak pernah memandang Suku, Agama dan Ras dalam melaksanakan kegiatan. Ia berharap agar  semua menjaga hal hal tersebut.

“Maka kita harus membumikan Pramuka ini karena memang di Pramuka ini dari tingkat Nasional hingga seterusnya melalui berbagai Iven-iven hilang semua perbedaan, apapun bentuk perbedaannya,” terang Amril.

Seterusnya, ia juga mengapresiasi Kwartir Cabang 0315 kepulauan Mentawai dalam meyelenggarakan Jambore dalam pembentukan karakter anak peserta didiknya.

“Saya melihat Semangat dari Pemerintah Kabupaten kepulauan Mentawai, Bapak Bupati dan Bapak Wakil Bupati dalam memajukan Pramuka di Mentawai kelihatan sekali,”ungkapnya.

Itu dapat kita lihat dari keseriusan Pemerintah untuk mendatangkan  peserta Jambore dari 10 kecamatan kepulauan Mentawai. Maka itu, hendaknya diberi dukungan dari Pemerintahan Provinsi Sumatra barat terkait dari semangat para peserta Jambore Cabang II Tahun 2019 ini.

Ditempat yang sama Ketua Pelaksana Jambore Cabang II Tahun 2019, Ipda Januar menyebutkan, ada sebanyak 171 peserta mengikuti Jambore tersebut. 171 peserta terbagi dari 9 dari 10 kecamatan di kabupaten kepulauan Mentawai. Dan ditambah pembina pramuka dimasing-masing kegiatan berkisar sebanyak 200 orang.

Dikatakan Ipda Januar, bahwa kegiatan berlangsung selama 4 hari terhitung mulai hari ini Selasa, 5-8 November 2019.

"Jambore ini merupakan sebuah ajang Pemersatu seluruh Kontingen Pramuka yang terpisah di 10 kecamatan kabupaten kepulauan Mentawai, dan ajang ini menjadi kesempatan bagi peserta untuk saling mengenal dan saling bertukar informasi, Kita harapkan kedepan dengan Jambore ini agar terbentuk Karakter Generasi Muda yang bermartabat,” harapnya.

Dalam rangkaian kegiatan Jambore Cabang II Tahun 2019 ini ialah pada hari Selasa, (05/11) Pembukaan Jambore, Pramuka, Ishoma, PBB, Montainering dan bijak menggunakan Medsos, Ishoma, forum penggalang, giat pembina dan Pramuka siaga Bencana.

Hari Rabu, (06/11), Bahaya Narkoba, Giat air, Pramuka dan halang rintang. Ishoma, penyuluhan bahaya Narkoba, Outbound, Ishoma, Halang Rintang, Ishoma, Malam pentas seni.

Kemudian, hari kamis, (07/11), Sholat, Senam pagi, persiapan kegiatan, Outbound, halang rintang, penyuluhan bahaya Narkoba, Giat air, keterampilan Pramuka, wawasan kebangsaan, Ishoma, halang Rintang, penyuluhan bahaya narkoba, wawasan kebangsaan, dan pertolongan pertama, bijak menggunakan Medsos, keterampilan Pramuka, PBB, Mointenering, Ishoma, pemutaran Film dan Api Unggun.

Selanjutnya hari Jumat, (08/11), Bangun pagi, senam pagi, persiapan upacara dan upacara penutupan.

Dalam acara pembukaan Jambore Cabang II  tahun 2019  ini turut hadiri,  Wakil Bupati Kabupaten Kepulauan Mentawai Kortanius Sabeleakek, Dandim 0319 Mentawai, Kapolres Kepulauan Mentawai, Kakansar, BPBD dan OPD Mentawai.  (Lilis)
 
Top