JA.com, Pasaman Barat (Sumatera Barat)-- Forum Koordinasi Pimpinan Kecamatan (Forkopimcam) Gunung Tuleh bekerja sama dengan Pemerintah Nagari dan segenap Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) di wilayah stempat berupaya membantu masyarakat kurang mampu melalui kegiatan Jum'at Keliling yang rutin dilakukan setiap bulannya.

Berdasarkan informasi yang dihimpun, Jumat keliling telah berjalan selama empat bulan terakhir seiring dengan diresmikannya Unit Pengumpul Zakat (UPZ) Kecamatan Gunung Tuleh melalui kegiatan SEBAR SERU (Sedekah Bareng Sepuluh Ribu) dari donatur tetap dan para dermawan.

Kegiatan ini dilaksanakan secara bergilir di setiap kejorongan di Kecamatan Gunung Tuleh, dan telah menyalurkan bantuan dana sebesar Rp 11 juta kepada masyarakat yang membutuhkan.

Dalam kegiatan Jum'at Keliling diadakan penyerahan bantuan secara langsung dari rumah ke rumah kepada masyarakat kurang mampu dalam kategori, Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ), penderita Stroke, Orangtua Jompo, penderita cacat fisik, pengasuh anak yatim dan Ibu hamil dan lain sebagainya.

Jumat Keliling diselenggarakan di Jorong Sudirman Nagari Muara Kiawai dengan penyerahan uang santunan sebesar Rp 4.250.000 yang diterima oleh 15 orang masyarakat dalam kategori di atas dan bantuan uang tunai penanggulangan bencana Rp 500.000 kepada masyarakat Jorong Sudirman, Jumat (4/10).

Camat Gunung Tuleh, Randy Hendrawan kepada wartawan menyampaikan bahwa kegiatan tersebut merupakan inovasi yang telah dilakukan dalam hal upaya menjalin silaturahmi dengan masyarakat dan memberikan bantuan melalui dana yang dihimpun melalui UPZ Gunung Tuleh setiap bulannya.

Disampaikan, masyarakat miskin yang belum masuk di dalam Data Basis Terpadu (DBT) Kementrian Sosial menjadi fokus sasaran sebagai penerima bantuan yang diberikan melalui kegiatan Jum'at Keliling.

"Kita ingin lebih dekat dengan masyarakat. Membangun silaturahmi, juga memberikan  pelayanan administrasi kependudukan, cek kesehatan gratis dan konsultasi gratis dari KUA, selain memberikan bantuan dana secara langsung. Semuanya terangkum dalam kegiatan Jumat Keliling" kata Randy.

Randy berharap, kegiatan Jumat Keliling dapat mengurangi dan menjadi bagian dari solusi mengatasi berbagai persoalan sosial yang  di wilayah setempat.

Dalam kesempatan yang sama, juga diserahkan bantuan berupa 2 unit jamban untuk masyarakat sebagai upaya penanggulangan stunting dan 1 paket  bedah rumah kepada warga Jorong Paroman Bondar oleh Baznas Pasaman Barat yang diserahkan langsung oleh Wakil Ketua 1 Baznas, Hendrizal.

Kegiatan Jumat Keliling di Jorong Sudirman turut dihadiri oleh Kapolsek Gunung Tuleh, IPTU Zulfikar, Kepala KUA, Jufri, Babinsa, Kepala UPT se-Kecamatan Gunung Tuleh, pimpinan perusahaan, Ketua dan Pengurus UPZ Kecamatan, Wali Nagari, Ketua Bamus, Pj. Wali Nagari Persiapan dan perangkat, TKSK Gunung Tuleh, Da'i Nagari, Kepala Jorong, tokoh masyarakat, ketua TP. PKK Kecamatan dan Nagari, LSM, Ketua Pemuda Jorong Sudirman dan pengurus Mesjid Raya Muara Kiawai. (Sofyan H)
 
Top