JA,Sarolangun, Rsud Sarolangun Telah membuka pelayanan fisioterapi (Rehabilitasi Medik). Fisioterapi bisa dilakukan pada pasien dari semua rentang usia. Pelayanan Fisioterapi untuk mengobati sakit punggung, Persiapan olah raga hingga persiapan persalinan. Informasi tesebut disampaikan secara langsung oleh pihak rumah sakit beberapa waktu yang lalu.

Kepada Media ini dr.H.Bambang Hermanto,M.Kes Direktur RSUD Sarolangun mengatakan, fisioterapi untuk mencegah seseorang terhindar dari cacat fisik,

"Fisioterapi merupakan proses merehabilitasi seseorang agar terhindar dari cacat fisik melalui serangkaian pencegahan, diagnosis serta penanganan untuk menangani gangguan fisik pada tubuh akibat cedera atau penyakit. Dengan adanya pelayanan fisioterapi merupakan suatu bentuk pelayanan prima kita wujudkan untuk dipersembahkan kepada masyarakat ". Kata Direktur RSUD Sarolangun.

Adapun yang dimaksud dengan pelayanan fisioterapi adalah suatu tindakan promotif, proventif, kuratif dan rehabilitatif pada berbagai kasus penyakit gangguan kesehatan seperti gangguan pada otot dan sendi, gangguan syaraf, THT, Pernafasan dan paru, gangguan pada tulang, kandungan, gangguan pediatric dan geriatric pasca bedah atau operasi, Sport injury serta program kebugaran fisik dan lainnya.

Terkait Alur Pasien Fisioterapi dr.H.Bambang Hermanto,M.Kes menjelaskan, Pasien disarankan untuk membawa surat rujukan,

" Pelayanan Fisioterapi berlaku untuk seluruh pasien baik itu pasien Bpjs atau umum. Dan kita menyarankan sebelum menjalani fisioterapi pasien membawa surat rujukan dari dokter keluarga atau puskesmas untuk diberikan kepada dokter penyakit dalam dan dilanjutkan merehabilitasi medik (Fisioterapi)". Terangnya.

Sedangkan tujuan dari fisioterapi untuk mengidentifikasi fungsi tubuh setelah terkena penyakit atau cidera. Jika tubuh menderita penyakit atau cidera permanen maka fisioterapi dapat diprioritaskan untuk mengurangi dampaknya. (nal)


 
Top