JA.com, Tanah Datar (Sumatera Barat)--Jelang Tour de Singkarak medio November 2019 mendatang, Kepolisian Resor Tanah Datar laksanakan Apel Gelar Pasukan, di depan Istano Basa Pagaruyung, Rabu (30/10), Tujuannya, untuk memastikan rute yang dilalui pebalap TdS selama melintas di daerah Tanah Datar aman untuk dilewati dan terbebas dari hambatan.

Kapolres Tanah Datar AKBP Rokhmad Hari Purnomo mengatakan, apel gelar pasukan merupakan representasi dari kesiapan petugas atas tanggung jawab dan kepercayaan untuk terciptanya rasa aman.

"Kita bertekad dengan kesungguhan untuk mengamankan pelaksanaan Tour de Singkarak 2019 dan memastikan rute atau jalur yang dilalui aman dari hambatan," kata Kapolres AKBP Rokhmad.

Dikatakannya, untuk TdS 2019 Tanah Datar akan dilalui 4 etape, yaitu etape satu yang dimulai di pantai Gondoriah Pariaman dan finish di Istano Basa Pagaruyung dengan jarak tempuh 107,3 km. Etape dua, start dermaga Singkarak Kabupaten Solok dengan jalan mengelilingi Danau Singkarak melewati Ombilin, kemudian 2 etape lagi melewati Koto Baru X Koto. Untuk Koto Baru X Koto menjadi wilayah hukum Polres Padang Panjang.

"Untuk jumlah personil yang akan mengamakan TdS 2019 terdiri dari TNI 95 personil, Polri 214 orang, Pol PP dan Damkar 35 personil, Kesehatan 10 personil, Perhubungan 25 personil dan BPBD10 personil tersebar di rute yang akan dilalui," katanya.

Sementara Wakil Bupati Tanah Datar Zuldafri Darma mengatakan, apel kesiapan TdS tersebut antara jajaran pemerintahan daerah meliputi BPBD, Satpol PP dan Damkar, BPBD, dan Kesehatan menyatu dengan pihak Polres dan Kodim untuk menyusun langkah-langkah dan memastikan TdS 2019 berjalan aman dan lancar.

"Dengan adanya iven TdS ini semoga Tanah Datar semakin dikenal orang, baik wisatawan lokal maupun mancanegara serta kepada masyarakat mari kita sukseskan secara bersama-sama iven ini," ajak Zuldafri Darma. (MG)
 
Top