JA.com, Tanah Datar (Sumatra Barat)--Pemerintah Kabupaten Tanah Datar menggelar upacara peringatan Hari Sumpah Pemuda yang ke-94 tahun 2022, yang dilaksanakan di halaman depan Kantor Bupati Tanah Datar, Jumat (28/10/2022), kemarin.

Wakil Bupati Tanah Datar Richi Aprian selaku Inspektur upacara dalam amanatnya saat membacakan sambutan Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia menyampaikan, peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-94 kali ini mengambil tema "Besatu Bangun Bangsa ".

Wabup sampaikan, tema ini diambil untuk menegaskan kembali komitmen yang telah dibangun oleh para pemuda, yang diikrarkan pada tahun 1928 dalam Sumpah Pemuda.

"Tema ini memberikan pesan mendalam bahwa bersatu padu adalah harga mati yang harus dikuatkan untuk membangun ketangguhan, dengan ketangguhan dan persatuan menjadi kekuatan untuk melakukan pembangunan peradaban yang unggul sebagai eksistensi bangsa Indonesia.," kata Richi.

Dikatakan, peringatan Hari Sumpah Pemuda adalah upaya untuk menghadirkan kembali sejarah masa lalu untuk direnungkan, dipelajari, ditemukan kristalisasi pembelajaran kebaikan dan dijadikan teladan serta inspirasi penggerak langkah menuju visi bangsa yang besar.

"Peristiwa Sumpah Pemuda pada 28 Oktober 1928 memberikan pelajaran kepada kita bagaimana menyikapi perbedaan sikap primordial, suku, agama, ras dan kultur, serta berbagai kepentingan menjadi kekuatan dan telah mengantarkan kepada proklamasi kemerdekaan Indonesia dan Peran pemuda telah tercatat dengan tinta emas sepanjang masa," ujar Wabup.

Lebih lanjut, pemuda bukan hanya menjadi pelaku penting membangun ketangguhan bangsa dalam mewujudkan visi besar Indonesia Emas 2045, tetapi juga menjadi tulang punggung untuk kejayaan bangsa sepanjang masa.

"Upaya ini tentu tidak akan berdampak maksimal tanpa dukungan semua pihak, khususnya bersatunya niat dan ikhtiar para pemuda dalam turut serta membangun bangsa ini secara bersama-sama.  Untuk itu marilah kita jadikan momentum peringatan Hari Sumpah Pemuda yang ke-94 ini sebagai momentum untuk meningkatkan semangat kita bersama membangun bangsa," pungkas Wabup.

Dikesempatan tersebut juga di serahkan penghargaan kepada 4 orang pemuda/i terpilih oleh Wabup Richi Aprian. 4 orang pemuda/i tersebut yaitu Rindi Rahmadani mengikuti outstanding youth for the word di Vietnam, Mutia Wahyuni sebagai pemuda pelopor bidang pendidikan  juara 1 tingkat kabupaten Tanah Datar, Robi Afriwan sebagai pemuda pelopor bidang inovasi teknologi juara 1 tingkat kabupaten Tanah Datar dan Dzikra Atiqa juara 1 pertukaran pemuda antar negara tingkat kabupaten Tanah Datar. (MG)
 
Top