JA.com, Tanah Datar (Sumatra Barat)--Pemerintah Daerah Kabupaten Tanah Datar memberikan Piagam Penghargaan kepada Balai Penelitian Tanaman Buah Tropika, Pusat Penelitian dan Pengembangan Hortikultura Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian Kementerian Pertanian Republik Indonesia Atas dukungan dalam Program Pendampingan dan Pengembangan Teknologi Perbenihan Tanaman Buah Tropika di Kabupaten Tanah Datar.

Piagam diserahkan Bupati Eka Putra kepada Kepala Pusat Litbang Pertanian Kementerian Pertanian M. Taufiq Ratule, Jum'at (28/10/2022), kemarin di Indojolito Batusangkar.

"Pemkab Tanah Datar melalui Dinas Pertanian, telah banyak melaksanakan kerjasama dengan Balai Penelitian Tanaman Buah (Balitbu) Tropika, terutama dalam pendampingan dan pengembangan perbenihan tanaman buah tropika, seperti awalnya di tahun yakni 2007 pendaftaran varietas unggul lokal Sawo Sumpu, dan di tahun 2022 ini pembuatan atau pengadaan duplikat pohon durian. Hal inilah yang melatar belakangi pemberian piagam penghargaan ini," katanya.

Sesuai laporan dari Dinas Pertanian bahwa telah banyak kerjasama yang dilaksanakan, tambah Bupati Eka, ke depan tentunya kita juga masih berharap kerjasama itu terus berlanjut karena bertujuan untuk kesejahteraan masyarakat.

"Tentunya pendampingan dan kerjasama dalam pengembangan serta bantuan benih untuk ke depannya terus berlanjut, dan kalau bisa di tingkatkan lagi," ujarnya.

Lebih lanjut, sesuai penyampaian dan harapan Kepala Pusat Litbang untuk menjaga dan mengatasi inflasi agar jangan terjadi, Tanah Datar terus berupaya mengatasi Inflasi dengan baik. "Tentunya, dengan berbagai bantuan yang diberikan, diharapkan mampu membantu peningkatan sektor pertanian di Tanah Datar," tukas Eka.

Sebelumnya Kepala Pusat Litbang Pertanian Kementerian Pertanian M. Taufiq Ratule menyampaikan ucapan terima kasih atas penghargaan yang diberikan.

"Terima kasih, semoga penghargaan ini menjadikan kami untuk terus berbuat lebih baik lagi, terutama bekerjasama dengan Pemkab Tanah Datar sebagai salah satu tempat pembibitan terbaik di Sumbar," katanya.

Dikatakqnya, Kementerian Pertanian melaksanakan 3 Program, yaitu menjaga dan mengendalikan inflasi, meningkatkan subtitusi impor atau jangan sampai banyak impor serta meningkatkan kegiatan ekspor kita.

"Kita siap membantu masyarakat dan Pemkab Tanah Datar, baik itu melalui Balitbu Tropika yang ada di Sumani Kabupaten Solok, ataupun melalui Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Sukarami yang juga terletak di Kabupaten Solok," tukasnya. (MG)
 
Top