JA.com, Tanah Datar (Sumatra Barat)--Bupati Tanah Datar Eka Putra, SE, MM bersama Ketua TP PKK Ny. Lise Eka Putra dan turut didampingi Asisten Ekonomi dan Pembangunan Abdul Hakim, Kadis Kominfo Yusrizal, Kadis Pariwisata Pemuda dan Olah Raga Hendri Agung Indrianto, Plt. Kadis Pertanian Sri Mulyani dan beberapa pejabat daerah lainnya kunjungi Peternakan Kambing Etawa Boncah Farm, Selasa (25/10/2022), kemarin di Nagari Barulak Kecamatan Tanjung Baru.

Bupati Eka Putra mengatakan, sektor peternakan di Kabupaten Tanah Datar terus ditingkatkan baik ternak besar maupun unggas seperti, sapi, kerbau, kambing, ayam, bebek dan lainnya dan itupun saat ini diansuransikan. Untuk ternak kambing jenis etawa dengan hasil olahannya seperti susu dinilai cukup menjanjikan, dan bisa meningkatkan pertumbuhan ekonomi masyarakat.

“Budidaya kambing jenis Ettawa bisa dijadikan sebagai objek wisata edukasi dan agrowisata hingga bisa meningkatkan kunjungan ke Tanah Datar, dari itu Kita berupaya menjadikan Kecamatan Tanjung Baru menjadi sentra kambing jenis etawa ini,” ujarnya.

Bupati minta Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait seperti Dinas Pertanian dan Peternakan, Dinas Pariwisata Pemuda dan Olah Raga, Dinas Kominfo, Dinas Pendidikan, Dinas Perkim LH dan Dinas Koperindag untuk duduk bersama agar bagaimana budidaya kambing etawa ini dapat dijadikan sebagai sebuah usaha untuk meningkatkan ekonomi masyarakat dan dapat dijadikan sebagai wisata agro dan edukasi.

“Kita juga minta OPD terkait dapat membantu baik itu dalam pengembangan budidaya atau penyediaan bibit bagi masyarakat, pasca panen, hingga pemasaran,” ucap Eka Putra.

“Kita Pemerintah Daerah serius membantu dalam pengembangan kambing etawa ini, karena memiliki banyak potensi. Selain susu, dagingnya, bahkan ini juga bisa menjadi agro dan wisata edukasi,” kata Bupati Eka Putra.

Senada, Ketua TP PKK Tanah Datar yang juga sebagai Ketua Dekranasda Ny. Lise Eka Putra, jika di Kecamatan Tanjung Baru sangat berpotensi untuk pengembangan Kambing Ettawa ini.

“Kambing Ettawa sangat berpotensi dikembangkan banyak manfaatnya, seperti susu dan dagingnya. Susunya diolah untuk berbagai minuman dan juga untuk bahan kosmetik, dagingnya diolah untuk berbagai jenis makanan seperti sate kambing,” ucapnya.

Ny. Lise juga berharap di Tanjung Baru ada sentra kuliner berbahan baku kambing yang dikemas dengan baik dan menarik sehingga menjadi daerah tujuan wisata kuliner di Tanah Datar.

Sementara itu M. Djamil BariJambek selaku Direktur Pemasaran Agro Wisata Bonca Farm, menyampaikan beternak kambing Ettawa cukup memilki peluang dan pangsa pasarnya juga tinggi. Satu liter susu kambing Ettawa dijual Rp50.000. Boncah farm telah memiliki pasar disejumlah daerah di Sumatera Barat, Riau bahkan ada yang di Pulau Jawa. (MG)
 
Top