JA.com, Pasaman Barat (Sumatra Barat)--Pemerintah Kabupaten Pasaman Barat melaksanakan Upacara Peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-94, 28 Oktober 2022. Pada tanggal itu dijadikan sebagai mementum Nasional untuk mengenang kembali peristiwa Kongres Pemuda tanggal 27 - 28 Oktober 1928 yang menghasilkan putusan Sumpah Pemuda.

Upacara peringatan sumpah pemuda dilaksanakan di halaman kantor bupati Pasaman Barat, Jumat (28/10/2022), kemarin. Dalam upacara bertindak sebagai Inspektur Upacara Kapolres Pasbar AKBP Aries Purwanto, yang diikuti oleh Bupati Pasbar Hamsuardi, Ketua DPRD Erianto, dan Forkopimda setempat. Hadir juga kepala OPD, PNS, THL dan beberapa pelajar.

Inspektur upacara Kapolres Pasbar AKBP Aries Purwanto membacakan pidato menteri Pemuda dan Olahraga yang isinya menekankan kepada pemuda bahwa di hari Sumpah Pemuda memberikan pelajaran bagaimana menyikapi perbedaan sikap, primordial, suku, agama, ras, dan kultur. Serta berbagai kepentingan menjadi kekuatan bukan sebagai faktor yang melemahkan.

"Peringatan hari sumpah pemuda ini selalu memiliki arti penting. Karena ancaman-ancaman terhadap kesatuan Indonesia selalu ada bersamaan dengan cita-cita mewujudkan kejayaan Indonesia. Tema peringatan hari Sumpah Pemuda saat ini adalah 'Bersatu Bangun Bangsa'," katanya.

Ia melanjutkan, tema ini memberikan pesan mendalam bahwa bersatu padu adalah harga mati yang harus dikuatkan untuk membangun ketangguhan. Dengan ketangguhan dan persatuan menjadi kekuatan untuk melakukan pembangunan peradaban yang unggul sebagai eksistensi bangsa Indonesia.

Dikatakan, secara dinamis sesuai konteks lingkungan strategis yang selalu berubah. Pemuda hari ini adalah tokoh-tokoh yang akan berperan pada masa yang akan datang. Apa yang dilakukan oleh pemuda di masa sekarang, juga menjadi penentu kemajuan bangsa Indonesia di masa yang akan datang.

"Mandat pemuda saat ini adalah menjadikan nilai-nilai persatuan di atas segala-galanya," katanya.

Diakhir upacara sumpah pemuda diisi dengan penampilan puisi dari Athifa Permata Ayunda siswa kelas 7 MTsN Pasaman Barat dan penampilan dari Polisi Cilik (Pocil) Binaan Polres Pasbar yang berhasil meraih juara I pada lomba Pocil ditingkat Polisi Daerah (Polda) se-Provinsi Sumbar tahun 2022.

Pada moment tersebut Pemerintah Kabupaten Pasaman Barat juga menyerahkan hadiah senilai 10 juta rupiah dan sertifikat yang diserahkan langsung oleh Bupati Hamsuardi kepada Pocil Polres Pasbar yang telah mengharumkan nama Pasbar dan akan mewakili Sumbar di tingkat Nasional. (WZ-MG)
 
Top