JA. com, Solok Selatan (Sumatera Barat) --Warga jorong Sapan Salak, Nagari Pakan Rabaa Timur, kecamatan Koto Parik Gadang Diateh, Kabupaten Solok Selatan (Sumbar) menggelar acara syukuran dan do'a bersama atas kepedulian pemerintah terhadap penangganan bencana alam yang terjadi akhir 2019 lalu, Sabtu 26/9/2020.

Pada kesempatan tersebut Wali Nagari Pakan Rabaa Timur Nasril mengatakan. Nagari Pakan Rabaa Timur ini tidak henti hentinya ditimpa bencana, bahkan bencana didaerah ini sudah seperti tahunan.

Bencana banjir bandang yang terjadi ditahun 2019 yang lalu itu membuat kerusakan ratusan hektar lahan petani, belum lagi puluhan rumah porak poranda. 

Sejumlah dana nagari sudah terkuras dan nagari tidak sanggup lagi untuk melanjutkan perbaikan akibat bencana alam tersebut.

Pasca bencana, perbaikan lahan yang rusak sudah berjalan selama hampir enam bulan baik oleh pemerintah pusat, provinsi dan kabupaten  sudah 90 persen diperbaiki dan tinggal lagi 10 persen.

Bencana alam banjir bandang itu  merusak lahan pertanian masyarakat  ratusan hektar dan pertengahan tahun 2020 ini sudah bisa dimanfaatkan.

Pasca bencana kami sudah melaksanakan kegiatan perbaiakan sawah, meskipun belum terkomodir semua ada beberapa titik lagi, dana nagari tidak sanggup lagi, sudah 600 juta dana nagari dialokasikan.

Penggunaan alat berat sampai saat ini sudah 1450 jam dan memiliki ketekoran lehih kurang 150 juta, sampai kini masih ada sewa alat yang belum dibayar.

Pihak nagari bersama bamus nagari mengangarkan anggaran perubahan untuk menyelesaikan ketertinggalan pekerjaan ini. 400 sampai 500 jam lagi alat untuk memperbaiki dan sudah dimasukan dalam RPK Nagari.

Ada tiga opsi untuk mencarikan solusi agar kegiatan pekerjaan pasca bencana ini bisa segera ditanggulangi, pertama APB 2021 dianggarakan sebesarnRp 300 juta, kedua alat alat berat yang keluar masuk di pinti kayu harus bersedia memberikan kontribusinya.

Sebagai bentuk transparansi, dalam waktu dekat ini pihak nagari akan mengundang  masyarakat nagari  untuk menyampaikan hasil kerja dan keuangan nagari.

Nagari Pakan Rabaa Timur ini juga mendapat angin segar dari BNPB untuk membangun rumah warga yang terkena bencana sudah disetujui pusat sebanyak  75 unit.

Dikesempatan yang sama ketua DPRD Solok Selatan Zigo Rolanda menyampaikan  didepan ratusan masyarakat yang hadir.

Terkait dengan kondisi daerah kita saat ini, proses penanggulangan pasca bencana ini sangat bagus dan transparan, pada hari ini kami selaku perwakilan masyarakat di Legeslatif sangat apresiasi dengan  kinerja wali nagari.

Sejak terjadinya bencana alam yang melanda daerah ini, wali nagari selalu berpikir bagaimana mengembalikan daerah yang sudah porak poranda ini, dengan mendatangi berbagai instansi baik dipusat, provinsi maupun kabupaten, bahkan salasatunya nagari yang berani menggunakan anggaran dana desa (DD) untuk memperbaiki lahan warga yang rusak akibat bencana. 

Semua prosedur sudah dilalui, namun kenapa masih belum direlisasikan juga bantuan bantuan itu oleh pemerintah daerah, dari.hasil evaluasi DPRD bersama OPD terkait masih tersisa anggaran itu sebesar Rp 3 Milyar, kenapa ini bisa terjadi, inilah biroraksi yang berbelit belit dan OPD nya kurang mengerti, seharusnya dana bencana ini habis bahkan mengalami ketekoran," Besok akan saya panggil OPD nya," ucap Zigo kesal.

Dana kita masih tersisa sebesar Rp 3 Milyar dan dalam APBD Perubahan kamipun juga menganggarkan sebesar 14 Milyar lagi, jadi tidak ada alasan OPDnya untuk tidak mengucurkan dana khusus untuk Nagari Pakan Rabaa Timur ini.

Zigo menambahkan, kegiatan hari ini bukan nuansa politik, Saya diundang oleh wali nagari dan Bamus kesini selaku pemerintah daerah dan ketua DPRD Solok Selatan, membahas perkembangan daerah dan menjemput aspirasi yang tertinggal.

Namun perlu juga Saya tambahkan, mari kita sejukan suhu politik pilkada dan jangan gara gara pilkada kita berpecah bela, berkotak kotak satu sama.lain, dan kegiatan masyarakat ini jangan dijadikan bahan politik, pilkada itu hanya satu kali,dalam lima tahun," ajaknya.

Hadir pada acara itu ketua DPRD Solok Selatan Zigo Rolanda, Wali Nagari Pakan Rabaa Timur Nasril, Ketua Bamus Khairul Fajdri, Ninik Mamak, Cadiak Pandai, Tokoh masyarakat, Kaum Ibu, Tokoh Pemuda/i dan undangan lainnya. *dirman*

 
Top