JA,Sarolangun, Proses belajar mengajar pada era Pandemik diperlukan suatu sistem yang mengatur sehingga proses Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) tetap berjalan sesuai harapan. Dan tentunya tetap mengindahkan peraturan yang berlaku (protokol Kesehatan).

Sistem yang diterapkan guna Untuk membantu guru dan orang tua dalam mengoptimalkan tumbuh kembang anak melalui kegiatan belajar dirumah, dengan suatu pedoman yang dapat memberikan petunjuk bagi guru dan orang tua,

'Kita menerapkan sistem daring dan luring. Dan itu sesuai dengan pilihan dari siswa dan orang tua murid. Intinya, Proses belajar mengajar tetap harus berjalan. Namun, untuk laring kita memberikan tugas tertulis setelah tugas yang diberikan selesai diantar langsung oleh orang tua wali murid kesekolah sekaligus mengambil tugas yang baru untuk dikerjakan dirumah" kata Abridar,HB, S.pd.MM Kepsek SMPN 2 Sarolangun.

Abridar Menambahkan, Selain sistem daring maupun luring juga dibutuhkan strategi efektifitas komunikasi,

" Bukan sistem belajar mengajar saja yang kita terapkan. Namun juga sistem komunikasi juga kita perhatikan. Karena dari komunikasi itulah kita bisa mengetahui permasalahan diberbagai aspek. Seperti lokasi tempat tinggal siswa, jangkauan jaringan internet (daring) dan jika soal tidak dikerjakan (luring) atau yang lainnya". Jelas Abridar,HB. S.pd, MM.

Upaya dalam menghentikan penyebaran virus corona (Covid-19) pemerintah telah mengalihkan kegiatan pembelajaran dari sekolah ke rumah masing masing siswa. Agar tak disalah artikan sebagai hari libur, siswa pun diberi tugas-tugas pembelajaran agar mereka tetap dalam suasana belajar. Karena itu, para guru diwajibkan mendesain sedemikan rupa tugas tugas bagi peserta didik selama di rumah. (nal)

 
Top