JA.com, Limapuluh Kota (Sumatera Barat). 

Sekretaris Daerah Kabupaten Limapuluh Kota, Widya Putra, S. sos,  M.Si menegaskan agar Aparatur Sipil Negara (ASN) harus bisa menjaga netralitas pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2020. Jangan sampai ikut berpolitik praktis, sekalipun itu di media sosial. 

Hak itu ditekankan Widya Putra dalam sambutan dalam apel Ikrar Netralitas ASN Kabupaten Limapuluh Kota di halaman kantor bupati setempat, Rabu (30/9/2020).

"Hati-hati, Jangan sampai terjebak pada pelanggaran Pilkada. Termasuk menyukai postingan yang mengarah dukungan terhadap pasangan calon," ujar Widya. 


Menurutnya, trend pelanggaran netralitas ASN yang paling besar kebanyakan memberikan dukungan melalui media sosial/massa. 

"ASN harus bijak dan hati –hati dalam menggunakan media sosial, karena hal tersebut menjadi potensi pelanggaran walaupun hanya sekedar menyukai status  salah satu calon kepala daerah," sebut Widya.

Lebih lanjut ia mengajak agar Ikrar yang dibaca dan ditanda tangani para abdi negara itu tidak hanya sebatas seremonial belaka, namun dijadikan pedoman bersama.

"Sukseskan Pilkada dengan mengedepankan netralitas ASN di tengah perhelatan," sebutnya.

Senada, Ketua Bawaslu Limapuluh Kota, Yoriza Asra juga mengajak ASN bersama sama mencegah adanya pelanggaran terkait netralitas ASN ini.

"Jadilah, ASN sejati tanpa mempertaruhkan netralitas dalam pilkada 2020,"sebutnya.

Dikatakan, netralitas ASN menjadi salah satu fokus pengawasan jajaran Bawaslu dalam penyelenggaraan Pilkada. Hal ini juga diatur dalam undang-undang, tentang Disiplin Pegawai Negeri Sipil .

“Pegawai ASN harus bebas dari pengaruh dan intervensi semua golongan dan partai politik,” ungkapnya.

Ditekankan Yori, bentuk pelanggaran terhadap netralitas ASN bukan hanya sanksi administratif tapi juga bisa sanksi pidana. 

Sementara itu, Ketua KPU Kabupaten Limapuluh Kota, Masnijon dalam sambutanya mengungkapkan, KPU siap untyk melaksanakan Pilkada serentak pada Desember mendatang.

"Kita berharap pilkada 2020 di Kabupaten Limapuluh Kota ini dapat berjalan aman dan lancar," sebutnya.(gun)

 
Top