JA.com, Pesisir Selatan (Sumatera Barat)--Ketua Badan Pengawasan Pemilu (Bawaslu) Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) Surya Efitrimen mengungkapkan Provinsi Sumbar menjadi daerah terbilang tinggi kerawanannya di Indonesia.

"Hal tersebut di ukur dari hasil indeks kerawanan (IKP) untuk pemilu 2019 di Indonesia. Sumbar berada diposisi nomer tiga tingkat kerawanannya," sebut Surya Efitrimen saat memberikan materi Pengembangan Pengawasan Partisipatif Pemilu 2019.di hotel saga,juma'at (7/12/2018).

Dijelaskannya, dari hasil indeks kerawanan pemilu (IKP) tahun 2019 untuk tingkat kerawanan pemilu tahun ini.Kabupaten pesisir selatan di kategorikan tingkat sedang kerawanannya.

"Dari hasil yang dikeluarkan (IKP) kita dapat berpedoman dan memetakan. Tingkat kerawanan ditahun ini. Sehingga kita bisa memastikan titik tersebut dan melakukan sosialisasi yang kuat. Untuk mengsukseskan pesta demokrasi mendatang,"jelasnya

(IKP) yang dikeluarkan berdasarkan empat aspek yang menjadi pemetaannya. Diantranya, konteks sosial politik, penyelengaraan yang bebas dan adil, kontestasi dan partisipasi.

"Supaya empat indikator atau dimensi tersebut dapat menjaga netralitas aparatur sipil negara, keamanan, ujaran kebencian. Sepanjang pesta demokrasi yang akan berlangsung nantinya hingga selesai. Agar terwujudnya pemilu damai dan aman,"tutupnya.(rio).
 
Top