JA.com, Limapuluh Kota (Sumatera Barat).
Klinik Keuangan Nagari Kecamatan Situjuah Limo Nagari patut mendapatkan acungan jempol.  Berkat keseriusan dan kegigihannya,  Kinik Keuangan itu sukses mengantarkan APBNagari Situjuah Gadang tahun 2019 dengan Format SISKEUDES VERSI 2.1 selesai tepat waktu.

Bupati Lima Puluh Kota H. Irfendi Arbi mengapresiasi Wali Nagari Situjuah Gadang Sofyarledi beserta perangka dan Bamus nagari setempat yang telah menyelesaikan APBNagari tahun 2019 sebelum 31 Desember 2018.

"Saya mengapresiasi dan mengucapkan terima kasih kepada Wali Nagari Situjuah Gadang Sofyarledi beserta perangkat dan Bamus Nagari Situjuah Gadang yang telah menyelesaikan APBNagari tahun 2019 sebelum 31 Desember 2018," ungkap Bupati Irfendi Arbi dalam sambutannya pada acara pengakhiran kegiatan APBNagari Situjuah Gadang 2018 di Situjuah Gadang, Sabtu (29/12).

Tak kalah membanggakannya,  lanjut Irfendi,  Situjuah Gadang bahkan tampil sebagai nagari pertama di Kabupaten Lima Puluh Kota yg menggunakan Format Siskeudes Versi 2.1 sesuai permendagri 20 tahun 2018. Ia berharap,  apa yang sudah dicapai Nagari Situjuah Gadang dan Klinik Keuangan Situjuah Limo Nagari dapat direplikasi dan diimplementasi juga di Nagari lain dan menjadi Standar kinerja Seluruh Klinik Keuangan Kecamatan di Kabupaten Lima Puluh Kota.

"Saya ingin apa sudah dicapai Nagari Situjuah Gadang dan Klinik Keuangan Situjuah Limo Nagari ini juga diimplementasi di nagari lain. Tak kalah pentingnya, ini bisa menjadi standar kinerja seluruh Klinik Keuangan Kecamatan di daerah kita, " papar Irfendi.

Lebih lanjut dikatakan Irfendi Arbi, Inovasi dan terobosan pembentukan Klinik Keuangan Kecamatan diluncurkannya tahun lalu di Kecamatan Harau dengan diikuti seluruh kecamatan di daeeah ini pada awalnya hanya dibentuk sebagai lembaga konsultasi penyusunan APBNagari, sejalan dengan diterbitkannya Perbub 13 th 2018 ttg pelimpahan kewenangan evaluasi APBNagari kepada camat sebagai upaya percepatan penyusunan APBNagari, peran klinik keuangan Kecamatan semakin strategis. Namun kini fungsi Klinik itu terus berkembang.

Sementara itu Camat Situjuah Limo Nagari yang juga Ketua Klinik Keuangan Nagari Kecamatan Situjuah Limo Nagari Drs. Rahmad Hidayat, M.Si menjelaskan, kunci keberhasilan Klinik ini adalah dorongan dan perhatian yang sangat serius dari Bupati serta kebersamaan tim dan kekompakan seluruh jajaran di nagari.

Lebih lanjut Camat yang sudah dua kali meraih Camat berprestasi tingkat Kabupaten tahun 2013 dan 2016 itu menjelaskan, dalam pelaksanaan tugasnya Klinik Keuangan ini tidak hanya menunggu konsultasi dan mengevaluasi APBNagari yang sudah jadi saja, namun juga melakukan pendampingan mulai dari penyusunan gagasan awal RKP Nagari, Musrenbang RKPNagari hingga pelaksanaan pendampingan teknis penyusunan RAPBNagari dalam bentuk workshop secara marathon masing2 selama 3 hari disetiap nagari.

"Strategi dan upaya inilah barangkali yg menjadi kunci keberhasilan dimana hampir semua nagari di Kecamatan Situjuah Limo Nagari telah selesai dalam penyusunan RAPBNagari baik manual maupun pengentrian SISKEUDES VERSI 2.1," papar Rahmad.

Dijelaskan,  sebagai wadah konsultasi, Klinik Keuangan Kecamatan Situjuah Limo Nagari tidak hanya melayani konsultasi Penyusunan APBNagari akan tetapi juga dalam hal pengadaan barang jasa di nagari. Jika terdapat keterbatasan informasi maka klinik keuangan kecamatan akan mencarikan bahan atau penjelasan ke OPD teknis di kabupaten  sehingga wali nagari atau perangkatnya tidak perlu bingung atau jauh-jauh mencari OPD teknis di kabupaten untuk konsultasi.

Camat juga menjelaskan struktur tim juga diisi Sekcam Ray Foster, S.Pd dan Kasi PPM Westeramri sebagai wakil ketua dan Sekretaris.  Sedangkan anggota teknis antara lain Syahrul Isman, S.Ag, Arion, Rahmat Fauzat, Hendra Yeni yang senantiasa bersinergi dengan PD dan PLD Kecamatan Situjuah Limo Nagari.

Pada kesempatan itu Camat juga menyerahkan  SK Camat Situjuah Limo Nagari tentang evaluasi APBNagari tersebut disaksikan Bupati Irfendi Arbi. (gun)
 
Top