JA.com, Pasbar, (SUmatera Barat)-- Memiliki exkul yang cukup lengkap dan beragam serta seiring dengan pembinaan yang baik dan berkelanjutan, menjadikan SMP Negeri 1 Pasaman berhasil meraih prestasi di berbagai bidang pendidikan.

Sekolah yang menonjol dengan prestasi akademis di Pasaman Barat tersebut, juga mewakili daerahnya di bidang olahraga dan seni pada ajang olimpiade siswa tahun 2018.

Di bidang akademis, sekolah ini terlihat terus mengalami peningkatan dari waktu ke waktu. Pada OSN tingkat Pasaman Barat 2018, sekolah ini berhasil meraih Juara 3 Matematika oleh Ajeng Ayunda Putri dan berkompetisi di tingkat Sumbar.

Sekolah ini bahkan mendominasi 10 besar nilai Ujian Nasional ( UN ) tertinggi SMP se Pasaman Barat pada tahun ini. Mereka meraih peringkat 1 nilai UN tertinggi oleh Fadhillah Febrina, peringkat 2 oleh Furqan Amirul Siddiq, peringkat 3 oleh Husein.

Peringkat 4 nilai UN tertinggi oleh Dheana Thalya Azzahra, peringkat 5 oleh Febrianti, peringkat 6 oleh Mhd. Arroyyan Fadhil dan peringkat 8 nilai UN tertinggi oleh Gilang Ramadhan.

Sementara itu, Fadhlurrahman siswa sekolah tersebut, juga berhasil melaju ke babak semi final lomba matematika tingkat Sumbar, yang diselenggarakan oleh Universitas Negeri Padang belum lama ini yang diikuti oleh1.028 peserta.

Sedangkan pada lomba Fisika se Indonesia yang diselenggarakan oleh Unand Padang, siswi mereka Savitri, berhasil melaju ke babak final dan merebut Juara Harapan 1 Fisika SLTP se Indonesia di Physics Festival XX tahun 2018.

Tak hanya menonjol dengan prestasi akademis, sekolah ini juga berprestasi di bidang olahraga, seni dan drumband. Di OS2N tingkat Pasaman Barat, siswi mereka Annisa Raudhatul Jannah berhasil merebut Juara 1 Karate Putri dan menjadi wakil Pasbar di O2SN tingkat Sumbar beberapa waktu yang lalu.

Prestasi tersebut diikuti oleh Kenzi Morison, dengan meraih Juara 1 Gitar Solo di FLS2N tingkat Pasaman Barat, sehingga juga mewakili daerahnya di tingkat Sumatera Barat. Sekolah ini bahkan juga merebut Juara 3 Drumband tingkat Pasaman Barat di momen peringatan HUT RI tahun 2018.

Yang lebih membanggakan lagi tentunya adalah, keberhasilan sekolah tersebut melaju ke Pekan Olahraga Pelajar tingkat Nasional ( POPNAS ), setelah sebelumnya meraih Medali Perak Tenis Meja Putri di  Pekan Olahraga Pelajar Wilayah Sumatera ( POPWIL I ) 2018, yang berlangsung di Aceh belum lama ini.

Kepala sekolah Henri Dunan, S.Pd, yang ditemui di ruang kerjanya pada Kamis (13/12), berharap warga sekolahnya mampu mempertahankan prestasi yang telah diraih dan ingin lebih baik lagi kedepannya.

"Alhamdulillah, kami tentunya senang dan bangga dengan prestasi siswa dan siswi, serta berharap prestasi tersebut menjadi motivasi bagi kami semua, agar lebih baik lagi kedepannya", ujar Henri Dunan.

Prestasi siswa dan siswi tersebut, membuat mereka tak hanya memperoleh hadiah trophy, piala dan medali serta uang pembinaan dari panitia penyelenggara, tapi juga hadiah dari sekolahnya, yang bertujuan untuk menambah semangat mereka dalam belajar.

Selain itu, sekolah ini juga selalu mewakili daerahnya di tingkat propinsi setiap tahunnya dalam berbagai lomba pendidikan, sehingga mendapat appresiasi dan dukungan dari masyarakat dan orangtua murid. (Zein)
 
Top