JA.com Limapuluh Kota (Sumatera Barat). Arus lalu lintas jalan Sumbar-Riau tepatnya di KM 25 ruas Kelok 9 kembali pulih pasca tertimbun longsor, sejak pukul 03.00 Wib Jumat (7/12/2018), hingga siang pukul 11.00 Wib.

Pasca longsor yang terjadi dini hari itu, ruas jalan Sumbar menuju Provinsi Riau tertutup selama 8 jam. Kepala Pelaksana BPBD Limapuluh Kota, Joni Amir ketika di konfirmasi menjelaskan, awalnya material longsor itu terkendala alat berat, setelah dibantu alat berat Dinas PUPR Provinsi akhirnya material longsor berhasil dibersihkan.

Baca Juga : BREAKING NEWS: Ruas Jalan Sumbar-Riau Dekat Kelok 9 Longsor

“Upaya pembersihan dilakukan dengan cara gotong royong dengan masyarakat sekitar, pihak kecamatan, dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), beserta aparat dari kepolisian dan TNI” jelasnya.

Joni Amir menyebutkan, setelah datangnya alat berat dari Dinas Pekerjaan Umum itu, barulah proses pengerjaan berjalan maksimal,meterial longsor yang menimbun ruas jalan dapat dibersihkan.

“Alhamdulillah berkat peran serta seluruh pihak terkait ruas jalan sumbar-Riau KM 25 sudah kembali normal dan sudah bisa kembali dilewati pengguna jalan, yang sebelumnya hanya dapat dilalui sepeda motor, itu pun dibantu mendorongnya oleh masyarakat dilokasi,” ujarnya.
Joni Amir meminta pada masyarakat yang melalui ruas jalan ini untuk lebih berhati-hati, karena dengan kondisi cuaca ekstrem dengan intensitas hujan yang tidak menentu dan labilnya tebing di sepanjang ruas jalan, bahaya longsor dapat terjadi kapan saja.

Diharapkan dengan tingginya hujan seperti kondisi sekarang bencana longsor ini tidak lagi terulang, karena disamping menghambat arus lalu lintas, dikhawatirkan juga dapat menimbulkan korban jiwa.(gun)

 
Top