JA.com, Payakumbuh (Sumatra Barat)--Kepala Staf Kodim 0306/50 Kota Mayor Inf Ridwan wakili Dandim, hadiri peringatan Isra Mi'raj Nabi Muhammad SAW dengan tema "Menggali Nilai Profetik Dari Peristiwa Isra Mi'raj Nabi Muhammad SAW Untuk Meningkatkan Iman Dan Takwa", di Aula Ngalau Indah Lantai III Kantor Balaikota Payakumbuh. Jumat (02/02/2024).

Tujuan perayaan hari Isra Mi’raj Nabi Muhammad SAW adalah untuk mengenang perjalanan yang dilakukan Nabi Muhammad SAW dari Masjidil Haram ke Masjidil Aqsa, kemudian dinaikkan Allah SWT ke langit tertinggi yaitu Sidratul Muntaha.

Peringatan Isra Mi’raj kali ini meghadirkan penceramah buya Asra Chan lc, M.A, Ketua MUI Kabupaten 50 Kota dan dihadiri Pj Walikota Payakumbuh Jasman, Dandim 0306/50 Kota diwakili Kasdim Mayor Inf Ridwan, Kapolres Payakumbuh diwakili Kabag SDM Akp Erman, Forkopinda Kota Payakumbuh dan Kepala OPD terkait Pemerintahan Kota Payakumbuh.

Dandim 0306/50 Kota Letkol Inf Adri Asmara Yudha melalui Kasdim Mayor Inf Ridwan mengatakan, peringatan Isra' Mi'raj Nabi Muhammad SAW merupakan tonggak sejarah awal mula diturunkannya perintah sholat lima waktu sebagai pondasi atau tiang utama dalam agama Islam.

"Peringatan Isra' Mi'raj Nabi Muhammad SAW harus dapat dijadikan sebagai momentum untuk memotivasi diri guna meningkatkan amal ibadah kepada Allah SWT," kata Mayor Inf Ridwan.

Dikatakan, selain bertujuan untuk meningkatkan iman dan taqwa, kegiatan peringatan Isra' Mi'raj ini juga sebagai pencerahan jiwa dan introspeksi diri untuk mengaktualisasikan nilai-nilai agama, terutama menteladani Nabi Muhammad SAW untuk menata kehidupan beragama, bermasyarakat, berbangsa dan bernegara yang lebih baik lagi.

"Dengan demikian kita dapat lebih mendekatkan diri kepada Allah SWT, dapat lebih baik menjalankan perintahnya sekaligus dapat menjauhi segala larangan-larangannya, serta menjadikan peringatan Isra Mi'raj sebagai sumber inspirasi dalam menyongsong tugas-tugas mendatang," demikian Mayor Inf Ridwan.

Sementara itu, Pj Walikota Payakumbuh Jasman menyampaikan ucapan terima kasih kepada Panitia, hal ini menandakan bahwa Peringatan Isra Mi’raj dari waktu ke waktu semakin berkualitas. Dan hendaknya peringatan Isra Mi'raj ini menjadi pemacu semangat dalam peningkatan sumber daya manusia yang berkualitas.

Tausiyah disampaikan Buya Asra Chan Lc, M.A, tentang Peristiwa Isra’ Mi’raj yang merupakan suatu mukjizat yang sangat luar biasa dan hanya dialami oleh Baginda Nabi Besar Muhammad SAW.

"Peristiwa ini juga mengandung makna tentang penghambaan diri manusia kepada pencipta alam semesta sekaligus perintah langsung untuk melaksanakan ibadah shalat dan menjauhi segala larangan-larangan Nya," terangnya.

Dikatakan, keutamaan Isra Mi'raj adalah untuk meningkatkan jiwa spiritual dengan kebesaran-kebesaran Allah yang telah tercantum dalam Al-Qur'an. Amalan utama pada hari Isra Mi'raj adalah salat, selawat, dan amalan baik lainnya yang memberi hikmah untuk taat kepada perintah Allah.

"Semoga kita semua dapat terus bersyukur atas segala nikmat yang diberikan, serta senantiasa ikhlas dan tawakal menghadapi ujian, untuk itu mari tingkatkan keimanan dan ketaqwaan dalam beribadah," tutup Buya Asra Chan. (Flo) 
 
Top