JA.com, Payakumbuh (Sumatra Barat)--Program Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat Manunggal Air merupakan wujud nyata kehadiran TNI AD di tengah masyarakat sebagai solusi untuk memenuhi kebutuhan air yang bersih.

Seperti pekerjaan yang baru saja diselesaikan TNI AD dalam hal ini melalui Kodim 0306/50 Kota yang hadir memenuhi kebutuhan air bersih, yakni pembuatan Sumur Bor di Kelurahan Padang Karambia, Kecamatan Payakumbuh Selatan, Kota Payakumbuh.

Dandim 0306/50 Kota Letkol Inf Adri Asmara Yudha dalam mengatakan, TNI AD Manunggal Air ini merupakan program dari Kepala Staf Angkatan Darat Jenderal TNI Maruli Simanjuntak M.Sc, dengan tujuan untuk membantu kebutuhan dasar masyarakat berupa fasilitas air bersih.
"Program ini merupakan kebijakan dari Bapak KSAD kepada seluruh prajurit TNI AD dimanapun bertugas untuk membantu masyarakat yang masih kesulitan untuk mendapatkan air bersih. Dengan harapan ke depan tidak ada lagi masyarakat yang masih kesulitan untuk memenuhi kebutuhan dasar dalam kehidupan sehari-hari," kata Letkol Inf Adri Asmara Yudha, Kamis (01/02/2024) di Payakumbuh.

Dikatakannya, masyarakat dilokasi pembuatan Sumur Bor Program Manunggal TNI AD di Kelurahan Padang Karambia, Kecamatan Payakumbuh Selatan tersebut sudah belasan tahun  kesulitan dalam memenuhi kebutuhan air rumah tangga mereka.

"Selama itu mereka memanfaatkan air hujan untuk kebutuhan harian mereka dengan cara air hujan tersebut ditampung pada bak bak penampungan untuk keperluan MCK mereka. Sedangkan untuk air minum mereka menggunakan air bersih yg lokasinya di TPA pembuangan sampah yang jaraknya lumayan jauh dari rumah mereka," jelasnya.

Ia berharap, dengan air bersih itu dapat meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan masyarakat khususnya di Kelurahan Padang Karambia.

"Kedepan, masyarakat dapat menggunakan dengan sebaik-baiknya dan menjaga agar Program TNI AD Manunggal air ini dapat terjaga hingga di masa yang akan datang," demikian Letkol Inf Adri Asmara Yudha.

Salah satu warga lokasi pembuatan Sumur Bor mengaku senang dengan program TNI AD Manunggal Air ini. Pasalnya, banyak memberikan dampak positif bagi masyarakat Kelurahan Padang Karambia yang selama ini kesulitan air bersih sudah bisa menikmatinya untuk kebutuhan minum dan MCK (mandi cuci kakus).

"Sebelumnya, Kami memanfaatkan air hujan untuk kebutuhan air harian Kami, sedangkan untuk kebutuhan memasak Kami harus mengambilnya ke daerah lain yang lokasinya cukup jauh dari tempat tinggal Kami. Alhamdulillah, sekarang air sudah ada disini, terima kasih Bapak KASAD, Bapak Dandim dan Bapak bapak TNI lainnya yang sudah peduli dengan Kami," tutupnya. (Flo)
 
Top