JA.com, Tanah Datar (Sumatra Barat)--Setelah melalui pemilihan yang alot, akhirnya AE Dt. Bandaro Kayo berhasil mengungguli tiga kandidat Ketua KAN Barulak lainnya, pada pemilihan, Sabtu (09/02/2024) kemarin di Aula Nagari Barulak, Kecamatan Tanjuang Baru.

Sekedar diketahui, dari empat suku yang ada di Nagari Barulak, sebelumnya mengusulkan masing-masing enam nama untuk dipilih menjadi calon Ketua.

Adapun empat suku yang ada di Nagari Barulak tersebut, Suku Caniago-Kutianyia, Suku Mandahiliang-Melayu, Suku Piliang-
Parik Cancang, dan Suku Payobada.

Dari 24 orang pangulu yang diusulkan, akhirnya muncul 4 nama. Diantaranya, dari Suku Caniago-Kutianyia, AZ. Dt Pangulu Dirajo, Dari Suku Mandahiling-Melayu, AE Dt. Bandaro Kayo, dari Suku Piliang-Parik Cancang, Z. Dt Majo Indo, dan dari Suku Payobada, Sy. Dt. Mangun Sati.

Setelah diadakan pemilihan, akhirnya AE Dt. Bandaro Kayo (22 suara) berhasil unggul, menyusul SY. Dt Mangun Sati (20 suara), kemudian, AZ. Dt. Pangulu Dirajo (13 suara), dan Z Dt. Majo Indo (7 suara) dan 2 suara Hangus. Susunanya adalah sebagai berikut : Ketua, AE Dt. Bandaro Kayo, Wakil Ketua Z. Dt Pangulu Dirajo, Sekretaris, Sy. Dt. Mangun Sati, dan Bendahara AZ. Dt. Indo Marajo.

Wanag Barulak, Kecamatan Tanjuang Baru Azisman Dt. Sati nan Panjang mengatakan, penguatan adat di salingka Nagari, salah satu misinya.

"Pertama selamat kepada Ketua KAN terpilih, dan terimakasih kepada pengurus lama. Terpenting itu, bagaimana Kita terus melestarikan itu di Nagari," katanya.

Sementara itu Ketua KAN terpilih AE. Dt. Bandaro Kayo mengucapkan Innalillahi Wa Inna Ilaihi roj'un, dan ucapan terimakasih atas kepercayaan yang diberikan kepadanya.

"Kedepannya, mari Kita sama-sama membangun KAN ini. Kami, karena masih muda, butuh sekali sumbang saran dan kritikan," tutup AE. Dt. Bandaro Kayo. (MG)
 
Top